ANALISIS STRATEGI USAHA SAPROTAN MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Kasus Pada Unit Saprotan Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Sumedang – Jawa Barat)

Qur’ani, Qory (2024) ANALISIS STRATEGI USAHA SAPROTAN MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Kasus Pada Unit Saprotan Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Sumedang – Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
COVER - Qory Qur’ani_compressed.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I - Qory Qur’ani_compressed.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II - Qory Qur’ani_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III - Qory Qur’ani_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV (2) - Qory Qur’ani_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
SIMPULAN DAN SARAN - Qory Qur’ani_compressed.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2) - Qory Qur’ani_compressed.pdf

Download (109kB)

Abstract

QORY QUR’ANI, 2024. Analisis Strategi Usaha Saprotan Melalui Business Model Canvas (BMC) Studi Kasus Pada Unit Saprotan Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Sumedang - Jawa Barat di bawah bimbingan Ucu Nurwati Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi usaha saprotan di Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri dengan menggunakan kerangka Business Model Canvas (BMC) dan melalui Analisis SWOT. BMC merupakan alat yang efektif untuk menggambarkan, menilai, dan mengembangkan model bisnis dengan melihat sembilan elemen utama yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, dan Cost Structure. Penyusunan strategi dilakukan dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman melalui matrik IFAS, EFAS dan Matrik SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study), data yang diperoleh melalui wawancara, kuisioner, observasi dan studi pustaka yang di analisis secara deskriptif. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 36 responden. Hasil dari penelitian ini adalah diketahuinya kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri dimana hasilnya digunakan untuk menentukan strategi bisnis untuk meningkatkan volume penjualan. Dan dengan menggunakan BMC, Koperasi dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya. Rekomendasi strategis meliputi peningkatan sistem pencatatan keuangan, diversifikasi produk, peningkatan layanan pelanggan, dan memanfaatkan teknologi informasi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas, SWOT, Strategi Usaha
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:40
Last Modified: 03 Dec 2025 02:40
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item