Yuda, Ilham Wira (2025) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Sumber Bahagia Kota Bandung, Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
cover-daftar isi - ilham wira yuda.pdf Download (851kB) |
|
|
Text
bab 1 - ilham wira yuda.pdf Download (418kB) |
|
|
Text
bab 2 - ilham wira yuda.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
|
Text
bab 3 - ilham wira yuda.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
|
Text
bab 4 - ilham wira yuda.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
|
Text
bab 5 - ilham wira yuda.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
daftar pustaka - ilham wira yuda.pdf Download (246kB) |
Abstract
ILHAM WIRA YUDA. 2025. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Jasa Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Sumber Bahagia Kota Bandung, Jawa Barat). Dibawah bimbingan Ucu Nurwati. Koperasi Simpan Pinjam Sumber Bahagia merupakan koperasi primer yang bergerak di bidang jasa keuangan, khususnya simpan pinjam, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahte-raan anggota melalui pelayanan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran jasa yang diterapkan koperasi, mengetahui persepsi dan eks-pektasi anggota terhadap pelaksanaannya, serta merumuskan upaya manajerial yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantita-tif deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 75 anggota koperasi dan wawancara dengan pengurus koperasi. Data dianalisis menggunakan perbandingan antara persepsi dan ekspektasi anggota terhadap masing-masing elemen bauran pemasaran jasa, kemudian dipetakan ke dalam diagram kartesius untuk mengidentifikasi prioritas strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran jasa yang diterapkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Sumber Bahagia berada pada tingkat yang cukup sesuai dengan ekspek-tasi anggota, dengan tingkat kesesuaian rata-rata sebesar 95,33%. Namun, terdapat beberapa indikator yang menunjukkan kesenjangan signifikan. Aspek-aspek seperti ruang tempat pelayanan, strategi promosi word of mouth, dan keefektifan papan nama termasuk dalam kategori prioritas perbaikan karena memiliki ekspektasi tinggi namun realisasinya masih rendah. Sebaliknya, aspek seperti fasilitas yang disediakan, plafon kredit yang memadai, dan layanan yang diberikan menunjukkan kesesuaian tinggi dan bahkan melampaui ekspekta-si anggota, sehingga perlu dipertahankan secara konsisten. Di sisi lain, terdapat indikator seperti tingkat kepentingan bauran produk jasa, prosedur pelayanan, dan bauran produk jasa yang ditawarkan yang menunjukkan pelaksanaan tinggi namun ekspektasi anggota relatif rendah, sehingga memerlukan evaluasi ulang terhadap efisiensi alokasi sumber daya. Berdasarkan temuan ini, koperasi perlu melakukan penyesuaian strategi bauran pemasaran secara lebih terarah dan berbasis prioritas untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkuat keterlibatan dan loyalitas anggota sebagai pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Bauran Pemasaran Jasa, Partisipasi Anggota, KSP |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:30 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:30 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
