RENCANA PENGEMBANGAN USAHA PADA PENGUSAHA PISANG AROMA ANGGOTA PAGUYUBAN PERSATA MANDIRI (PAPERMA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Pengusaha Pisang Aroma Anggota PAPERMA Desa Gesing, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah)

Alviana, Arlin (2018) RENCANA PENGEMBANGAN USAHA PADA PENGUSAHA PISANG AROMA ANGGOTA PAGUYUBAN PERSATA MANDIRI (PAPERMA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Pengusaha Pisang Aroma Anggota PAPERMA Desa Gesing, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB)

Abstract

Arlin Alviana, Rencana Pengembangan Usaha Pada Pengusaha Pisang Aroma Anggota PAPERMA Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan studi kasus pada Sentra Industri Pisang Aroma Desa Gesing, Temanggung, Jawa Tengah. Penelitian ini di bawah bimbingan oleh Dandan Irawan, S.E., M.Sc. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan usaha para pengusaha pisang aroma anggota PAPERMA guna memaksimalkan potensi pasar yang ada dalam upaya meningkatkan penjualannya. Analisis yang digunakan untuk melakukan pengembangan usaha melalui analisis SWOT. Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman. Metode yang digunakan adalah analisis Matriks SWOT dan Matriks Internal-Eksternal. Analisis yang kedua adalah analisis Studi Kelayakan Bisnis meliputi aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis/operasi, aspek manajemen dan organisasi, dan aspek keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dari penelitian diketahui posisi usaha pisang aroma oleh anggota PAPERMA berada pada kuadran V yaitu growth strategy dan stability. Strategi yang disarankan dengan melakukan pengembangan pasar dan pengembangan produk. Hasil dari analisis studi kelayakan bisnis pada aspek pasar dan pemasaran produk pisang aroma akan memperluas pasar pada Kota Wonosobo. Berdasarkan aspek teknis/operasi akan menambah jumlah kapasitas produksi dengan menyesuaikan jumlah tenaga kerja dan penggunaan mesin. Aspek manajemen dan organisasi setelah terjadinya penambahan jumlah produksi membutuhkan 3 orang pimpinan dan 5 orang karyawan. Selanjutnya usaha pisang aroma tersebut dinyatakan layak sesuai pada aspek kriteria investasi. Saran yang diberikan untuk para pengusaha pisang aroma anggota PAPERMA adalah koperasi mampu memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki agar usaha pisang aroma dapat memenngkan persaingan pada pasar yang baru. Aspek pemasaran dan produksi menjadi kunci utama keberhasilan pada usaha pisang aroma ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Pengembangan Usaha, Studi Kelayakan Bisnis, Manajemen Strategi.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 26 Oct 2020 08:09
Last Modified: 26 Oct 2020 08:09
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item