ANALISIS IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sasakadana Garut)

Faza, Irham Maulana (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sasakadana Garut). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB)

Abstract

IRHAM MAULANA FAZA, Analisis Implementasi Bauran Pemasaran dalam upaya Meningkatkan Volume Penjualan. Studi kasus pada Units Waserda Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sasakadana Garut, di bawah bimbingan Rosti Setiawati, S.E M.Si. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Sasakadana merupakan salah satu koperasi di Indonesia, yang beranggotakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkungan pemerintah daerah Garut, yang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pada anggotanya, pada saat ini koperasi ini memiliki 4 unit usaha, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Usaha Waserda, Unit Usaha Penyewaan Alat Pesta dan Tenda dan Unit Penyewaan Wisma dan Gedung. Dalam penelitian ini, yang menjadi focus penelitian yaitu Unit Usaha Waserda. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengelola unit waserda haruslah berorientasi pada anggota, yaitu dengan memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anggotanya. Untuk dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan pada anggotanya, maka perlu mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran selama ini dilakukan, yang meliputi variabel produk, variabel harga, variabel tempat dan variabel promosi. Setelah mengetahui pelaksanaan yang dilakukan selama ini dilanjutkan dengan penilaian terhadap harapan anggota tentang pelaksanaan bauran pemasaran yang sesuai dengan keinginan anggota untuk meningkatkan volume penjualan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu metode yang mempelajari, menganalisis secara intensif faktafakta yang berkaitan dengan masalah sehingga dapat menggambarkan masalahmasalah yang telah diidentifikasikan sebelumnya. Alat analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan diagram kartesius. Sampel yang dijadikan responden sebanyak 31 orang dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini yaitu Stratified Random Sampling. Dari hasil penelitian diperoleh hasil, bahwa pelaksanaan bauran pemasaran unit waserda KP-RI Sasakadana mengenai variabel produk menurut tanggapan anggota sebagian besar menilai pelaksanaannya masih kurang baik. Untuk variabel harga, sebagian besar anggota memberikan penilaian sama dengan harga pesaing serta tidak ada perbedaan harga yang ditawarkan kepada anggota maupun non anggota. Untuk variabel promosi sebagian besar menilai kurang baik. Untuk variabel tempat sebagian besar anggota menilai lokasi unit waserda ini masih kurang strategis. Berdasarkan hasil analisis diagram kartesius yang dibuat, unsur bauran pemasaran yang harus diprioritaskan adalah unsur kelengkapan produk dan promosi. Untuk unsur-unsur yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan yaitu unsur v kebersihan tempat. Adapun upaya yang harus dilakukan oleh unit waserda untuk meningkatkan volume penjualan yaitu melengkapi/menambah produkproduk yang ditawarkan pada unit waserda dan mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produk, menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing, serta menambah jangka waktu cicilan bagi anggota yang melakukan pembayaran secara kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Volume Penjualan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 24 Jan 2021 06:58
Last Modified: 24 Jan 2021 06:58
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item