Gunawan, Novaldi (2018) PENGARUH TRADING AREA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Unit Usaha Sarana Produksi Pertanian Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (239kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (79kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
Abstract
NOVALDI GUNAWAN, Pengaruh Trading Area Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Unit Usaha Sarana Produksi Pertanian Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang). (Di bawah bimbingan UCU NURWATI dan MIMING DJUNAEDI). Koperasi Pertanian (Koptan) Sumber Tani Mandiri merupakan koperasi yang kebanyakan beranggotakan para petani. Unit usaha sarana produksi pertanian merupakan unit usaha utama yang dimiliki oleh Koptan Sumber Tani Mandiri. Namun dalam menerapkan unit usahanya, koperasi mengalami beberapa persoalan seperti volume penjualan yang menurun pada tahun terakhir (2017) yang dikarenakan keputusan pembelian anggota yang beralih ke pesaing. Terdapat faktor yang diduga dapat mempengaruhi keputusan pembelian yaitu lokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan besarnya trading area pada Koptan Sumber Tani Mandiri, mengetahui potensi pasar yang dimiliki Koptan Sumber Tani Mandiri, mengetahui besarnya pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian, dan mengetahui dampak yang terjadi apabila ukuran trading area Koptan Sumber Tani Mandiri berubah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Trading area primer meliputi Kecamatan Tomo dan Ujung Jaya, trading area sekunder meliputi Kecamatan Situraja dan Cimalaka, dan trading area fringer meliputi Kecamatan Pamulihan (2) Potensi pasar di Kecamatan Tomo yang dimiliki oleh Koptan Sumber Tani Mandiri sebesar Rp. 1.180.310.400. Lalu didapatkan market share dalam satu kali musim tanam sebesar 12,94% (3) Besarnya pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian ialah 30,7% sedangkan sisanya 69,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti harga, promosi, produk, pelayanan, kemampuan tenaga kerja, peralatan koperasi, proses penjualan, merek dan lainnya. (4) Dampak yang terjadi adalah turunnya partisipasi anggota dikarenakan menurunnya pembelian anggota baik dari segi jumlah maupun frekuensi pembelian akibat berkurangnya luas sawah karena pembangunan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lokasi, Keputusan Pembelian, Trading Area. |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 24 Jan 2021 04:48 |
Last Modified: | 24 Jan 2021 04:48 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/577 |
Actions (login required)
View Item |