PERAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN KOPERASI (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia)

Nurakhmawati, Ridha (2018) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN KOPERASI (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Ridha Nurakhmawati (C1140146), Peran Media Sosial dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota sebagai Pelanggan, Studi kasus pada Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (Kopma BS UPI), dibawah bimbingan Yeni Wipartini dan Ucu Nurwati Kehidupan masyarakat selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Akulturasi budaya dengan sentuhan teknologi merupakan salah satu fenomena pendorong perubahan dan perkembangan tersebut yang sekarang telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia. Seperti halnya dengan aktivitas ekonomi dalam koperasi terutama pada koperasi mahasiswa dimana keadaan sekitarnya merupakan anak-anak muda atau yang saat ini dikenal dengan istilah generasi millennials, maka Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia pun perlu turut andil dalam perkembangan zaman melalui penggunaan media sosial berfokus kepada Instagram. Diharapkan dengan adanya media sosial Instagram tersebut selain untuk menjaga eksistensi koperasi, memudahkan dalam membagikan informasi dan berkomunikasi juga dapat menambahkan partisipasi aktif dari para anggota terutama partisipasi anggota sebagai pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan koperasi untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan melalui peran media sosial Instagram pada Kopma BS UPI melalui tanggapan anggota akan unsur penggunaan media sosial Instagram dalam 4C yaitu context, communication, collaboration dan connection. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan studi kasus secara kuantitatif serta didukung dengan data kualitatif melalui pendekatan korelasi dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial Instagram Kopma BS UPI sudah baik dan memiliki hubungan yang kuat dengan partisipasi anggota sebagai pelanggan sehingga partisipasi anggota dapat meningkat melalui upaya-upaya yang harus dilakukan melalui penggunaan media sosial Instagram. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan pencapaian yang dirasa baik kemudian menambahkan promo-promo yang menarik anggota untuk berpartisipasi dengan melalukan inovasi baru dan mengikuti perkembangan tren yang ada serta adanya komunikasi yang lebih interaktif antara koperasi dengan para anggotanya melalui media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Partisipasi Anggota, Pelanggan Koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:44
Last Modified: 24 Jan 2021 04:44
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item