BAURAN PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN TRANSAKSI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat Bandung)

Wahid, Abdul Rachman (2018) BAURAN PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN TRANSAKSI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABDUL RACHMAN WAHID (C1140175), Bauran Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Transaksi Anggota, Studi kasus pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat Bandung, dibawah bimbingan Dr. Hj. Yuanita Indriani, Ir., M.Si Transaksi anggota sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan koperasi. Karena anggota koperasi memiliki identitas ganda yaitu sebagai pemilik dan pelangan. Artinya bahwa usaha koperasi memang ditujukan terutama untuk melayani anggota. Namun apabila anggota koperasi yang kedudukannya sebagai pelanggan utama tidak ikut berpartisipasi terhadap koperasi maka tujuan koperasi akan sulit untuk dicapai. Salah satu cara untuk meningkatkan transaksi anggota adalah dengan cara melakukan bauran pemasaran. Bauran pemasaran bertujuan untuk menarik minat anggota koperasi agar anggota melakukan transaksi di koperasi. Bauran Pemasaran memiliki pengertian seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasarannya. Aspek bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa. Harga adalah sejumlah uang yang mempunyai nilai tukar untuk memperoleh keuntungan dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa. Tempat merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia pada konsumen sasaran. Promosi adalah semua kegiatan yang dilakukam perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran. Jika kombinasi dari keempat aspek tersebut baik dan sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen, maka diharapkan konsumen akan melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan upaya upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan transaksi anggota pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat berdasarkan bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran yang dilakukan sudah cukup baik dan cukup sesuai dengan kebutuhan dan harapan anggota. Aspek produk dan promosi sudah dilakukan dengan baik tetapi lebih baik jika ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Sedangkan aspek harga dan tempat masih belum optimal sehingga masih perlu di tingkatkan. Hal tersebut dirasa bisa untuk meningkatkan transaksi anggota. Oleh karena itu Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat perlu memperbaiki bauran pemasaran yang dilakukan sehingga bauran pemasaran yang dilakukan dapat sesuai dengan kebutuhan dan harapan anggota dan meningkatkan transaksi anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Transaksi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:34
Last Modified: 21 Jan 2021 07:34
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item