NALISIS KUALITAS PELAYANAN UNIT SIMPAN PIN-JAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB))

Ramdani, Dadan (2018) NALISIS KUALITAS PELAYANAN UNIT SIMPAN PIN-JAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB)). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB)

Abstract

DADAN RAMDANI, Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatan Kepuasan Anggota (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung). Dibimbing oleh Bapak AGUS ARIFIN Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB) merupakan salah satu koperasi di kawasan kota Bandung yang salah satu bidang usahanya menyediakan jasa pelayanan simpan pinjam untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Namun dalam beberapa tahun terakhir terdapat keluhan anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Sehingga hal tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah anggota yang keluar pada tahun 2017, dimana fenomena ini (exit) merupakan alat partisipasi anggota untuk menekan pihak manajemen. Tentu hal ini terjadi karena pelaksanaan pelayanan Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB) yang kurang optimal. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Tanggapan anggota koperasi terhadap kualitas pelayanan USP Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (2) Mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan anggota koperasi terhadap pelaksanaan pelayanan USP Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (3) Mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan untuk kepuasan Anggota pada Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan data sekunder berasal dari lieratur buku dan internet. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance iv Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar anggota menilai pelayanan KPKB berada pada kategori penting dan baik. Namun kinerja pelayanan KPKB belum dapat memenuhi semua keinginan anggotanya. Akan tetapi, sebagian besar kepuasan anggota cenderung terdapat pada pelayananpelayanan yang dianggap berlebihan kinerjanya padahal tidak begitu dipentingkan oleh anggota. Oleh karena itu, dari hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa KPKB harus memperhatikan pelayanan pada kuadran Prioritas Utama (A) sebanyak 3 atribut dan memperhatikan fasilitas fisik yang digunakan dalam melayani anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kuliatas Pelayanan, Kepuasan Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:08
Last Modified: 21 Jan 2021 07:08
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item