ANALISIS KINERJA KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia RSUD Majalaya “Mulia” Jl.Cipaku No. 87 Paseh-Majalaya Kabupaten Bandung)

Salusi, Nisa (2018) ANALISIS KINERJA KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia RSUD Majalaya “Mulia” Jl.Cipaku No. 87 Paseh-Majalaya Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

Nisa Salusi C1140170, Analisis Kinerja Koperasi Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia RSUD Majalaya “Mulia”), dibawah bimbingan Drs.Sukmahadi, M.Si.,Ak. KPRI RSUD Majalaya mulia adalah koperasi yang anggotanya adalah para karyawan RSUD Majalaya. Dilatarbelakangi oleh kurang baiknya kinerja koperasi dilihat dari perspektif keuangan, padahal pengukuran kinerja bukan hanya dari perspektif keuangan, tetapi harus dikukur secara komprehensif yaitu perspektif keuangan,non keuangan dan manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota. Alat pengukuran kinerja yang sesuai adalah balance scorecard. Pada balance scorecard pengukuran kinerja dilihat dari empat perspektif, yaitu: perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan dan perspektif keuangan. Maksud dari penelitian ini adalah menggambarkan kinerja koperasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kinerja KPRI RSUD Majalaya “Mulia” dilihat dari perspektif keuangan; 2) Untuk mengetahui kinerja KPRI RSUD Majalaya “Mulia” dilihat dari perspektif non keuangan; 3)Untuk mengetahui manfaat ekonomi yang diterima anggota KPRI RSUD Majalaya “Mulia”; 4) Untuk mengetahui upaya - upaya yang harus dilakukan KPRI RSUD Majalaya “Mulia” untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kinerja koperasi menggunakan metode Balance Scorecard pada KPRI RSUD Majalaya “Mulia”, dapat diambil simpulan pada perspektif keuangan digunakan rasio-rasio keuangan sebagai tolak ukurnya yaitu menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas berada pada kriteria yang kurang baik. Perspektif non keuangan yang terdiri dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pelanggan, ketiganya berada pada kondisi kinerja yang baik. Meskipun dilihat dari perspektif keuangan kinerja KPRI “Mulia” kurang baik, tapi jika dilihat dari perspektif non keuangan dan manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota koperasi kinerjanya berada dalam kriteria yang baik. Koperasi dapat memaksimalkan kinerja keuangan maupun non keuangannya untuk meningkatkan manfaat ekonomi anggota sehingga bisa mencapai kesejahteraan anggota

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja Koperasi, Kesejahteraan Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jan 2021 09:32
Last Modified: 20 Jan 2021 09:32
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item