Hartati, Hardika Yulinar (2018) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Qini Mart Pagendingan Koperasi Pondok Pesantren Fat-Hiyyah Tasikmalaya). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (294kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (156kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (131kB) |
Abstract
Hardika Yulinar Hartati C.1140087. Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota Pada Unit Usaha Qini Mart Pagendingan Koperasi Pondok Pesantren Fat-Hiyyah Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Drs. H. Shofwan Azhar Solihin, M.Sc Objek penelitian untuk skripsi ini adalah unit usaha ritel Qini Mart Pagendingan Kopontren Fat-Hiyyah. Pendapatan unit usaha Qini Mart selalu meningkat setiap tahunnya, Kendati demikian, sebagai usaha eceran, pelaksanaan bauran eceran pada unit usaha Qini Mart Pagendingan belum terlaksana dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana bauran eceran dapat meningkatkan kepuasan anggota. Untuk mengetahui kepuasan anggota terhadap pelaksanaan bauran eceran terlebih dahulu dilakukan penilaian terhadap pelaksanaan dan mengetahui harapan anggota terhadap pelaksanaan. Kemudian hasil dari penilaian tersebut dianalisis tingkat kesesuaiannya menggunakan metode important performance analysis yang kemudian diperoleh nilai sebesar 74,03%, dapat diartikan bahwa anggota merasa puas dengan pelaksanaan bauran eceran saat ini .untuk meningkatkan kepuasan anggota kepada skala yang lebih tinggi dilakukan analisis menggunakan GAP analysis. Metode ini bertujuan untuk memetakan kesenjangan antara pelaksanaan dengan harapan dari masing-masing indikator dalam bauran eceran. Kesenjangan yang cukup besar terjadi pada indikator, (atmosfer di dalam gerai, fasilitas fisik, keramahan pelayanan, fasilitas parkir, pemasangan label harga, komunikasi harga, promosi harga, situs web atau media sosial, dan periklanan) dengan besar GAP rata-rata sebesar 67% yang mana lebih tinggi harapan daripada pelaksanaan. untuk meningkatkan kepuasan anggota sebaiknya segera diatasi permasalahan kesenjangan antara pelaksanaan dengan harapan tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah, segera memperbaiki pelaksanaan dari masing-masing indikator bauran eceran yang pelaksanaanya dianggap tidak maksimal karena harapan anggota tinggi terhadap pelaksanaan indikator bauran eceran tersebut. Untuk mengetahui dampak kepuasan digunakan pengukuran menggunakan teori kotler dengan 6 standar pengukuran yaitu, Loyal terhadap produk dan perusahaan, adanya komunikasi, perusahaan menjadi pertimbangan utama saat datang penawaran dari perusahaan pesaing, tidak sensitif terhadaap harga, tidak memberi perhatian terhadap perusahaan pesaing, menawarkan gagasan baru. Kemudian dari teori tersebut dibuat menjadi kuesioner dan di sebarkan kepada anggota yang bertransaksi dengan teknik accidental sampling frame. Dari hasil kuisioner tersebut kemudian diperoleh skor sebesar 141 artinya anggota “loyal” kepada Kopontren Fat-Hiyyah. Diharapkan dengan memperbaiki kesenjangan yang terjadi di atas dapat meningkatkan kepuasan yang pada akhirnya akan membuat anggota sangat loyal kepada kopontren Fat-Hiyyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Eceran, Kepuasan Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 07:56 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 07:56 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/819 |
Actions (login required)
View Item |