PROSEDUR PEMBELIAN BARANG DI PURCHASING DEPARTMENT HOTEL INTERCONTINENTAL BANDUNG DAGO PAKAR

Sutanto, Egi (2020) PROSEDUR PEMBELIAN BARANG DI PURCHASING DEPARTMENT HOTEL INTERCONTINENTAL BANDUNG DAGO PAKAR. Tugas Akhir (D3) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB)

Abstract

Egi Sutanto, 2020, Prosedur Pembelian Barang di Purchasing Department Hotel InterContinental Bandung Dago Pakar. Di bawah bimbingan Ami Purnamawati. Praktik kerja yang menjadi program dari Diploma III Manajemen Keuangan bertujuan agar mahasiswa dapat mempelajari dan terlibat dalam pekerjaan yang diberikan perusahaan. Dalam kesempatan praktik kerja penulis mendapatkan peluang untuk dapat bekerja di Hotel InterContinental Bandung Dago Pakar. Dalam kesempatan praktik kerja ini, penulis ditempatkan di bagian Purchasing Department yang merupakan bagian dari Finance Department. Keterlibatan penulis dalam kegiatan di Purchasing Department yaitu mencatat data-data Purchase Order, menulis data Purchase Order ke lembar Patty Cash, memeriksa dan menyimpan arsip ke Market List, menyusun Purchase Order dan Invoice, melakukan scanning Purchase Order ke Email, dan menyimpan revisi harga ke Market List. Setelah melaksanakan praktik kerja kurang lebih selama tiga bulan, penulis bisa menggambarkan prosedur pembelian barang yang terjadi di Hotel InterContinental Bandung Dago Pakar yaitu bagaimana prosedur yang digunakan perusahan, serta menjelaskan fungsi dan bagian apa saja yang terlibat dalam proses pembelian barang di Hotel InterContinental Bandung Dago Pakar. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel InterContinental Bandung Dago Pakar telah melaksanakan prosedur pembelian dengan baik sesuai dengan peraturan yang di tetapkan pada perusahaan tersebut. Meskipun terkadang masih saja terdapat hambatanhambatan yang terjadi dalam melaksanakan pengadaan barang, seperti adanya pengiriman barang yang tidak sesuai dengan permintaan jenis, kuantitas dan kualitas yang diinginkan oleh pihak perusahaan, terjadi keterlambatan saat melakukan pengiriman barang, adanya barangbarang yang ketinggalan atau tidak tersampaikan kepada pihak receiving, sehingga barang tersebut harus dikirim beberapa jam kedepan atau bahkan keesokan hari. Untuk mengatasi atau meminimalisir terjadinya hambatan-hambatan tersebut adalah dengan cara memilih supplier yang bisa lebih bersikap profesional dalam berbisnis, sehingga dapat mempersingkat proses pembelian barang tanpa adanya hambatan-hambatan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Uncontrolled Keywords: Prosedur, Pembelian, Barang
Subjects: D3 - TUGAS AKHIR
Divisions: PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA MANAJEMEN BISNIS > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:14
Last Modified: 27 Mar 2023 06:18
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/856

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item