ANALISIS BISNIS DALAM UPAYA MEMPERBAIKI KINERJA USAHA UNIT TOKO KOPERASI (Studi Kasus pada Unit Usaha Toko Primer Koperasi Kartika Psikologi Bandung)

Rizki, Irwan (2020) ANALISIS BISNIS DALAM UPAYA MEMPERBAIKI KINERJA USAHA UNIT TOKO KOPERASI (Studi Kasus pada Unit Usaha Toko Primer Koperasi Kartika Psikologi Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Irwan Rizki. Analisis Bisnis dalam Upaya Memperbaiki Kinerja Usaha Unit Toko Koperasi: Studi Kasus pada Unit Usaha Toko Primer Koperasi Kartika Psikologi Bandung. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam mengukur kinerja merupakan modal untuk pengelolaan strategi sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Pengukuran kinerja secara tradisional yang menekankan pada kinerja keuangan kurang tepat karena fokus perusahaan hanya mencapai kinerja keuangan yang bersifat jangka pendek, sedangkan kinerja nonkeuangan yang dilakukan untuk mencapai kinerja keuangan kurang diperhatikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, metode balanced scorecard digunakan sebagai alat ukur karena bersifat komprehensif dan berimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kinerja koperasi dengan metode balanced scorecard sebagai upaya memperbaiki kinerja usaha unit toko koperasi. Objek penelitian ini yaitu Primer Koperasi Kartika Psikologi Bandung tahun 2015-2019. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini menggunakan perspektif dalam metode balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data yang digunakan adalah laporan tahunan koperasi, kuesioner, serta hasil wawancara dengan pengurus dan anggota koperasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, survey dan wawancara. Adapun metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dari setiap perspektif balanced scorecard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Primer Koperasi Kartika Psikologi berada dalam kriteria kurang baik. Simpulan dari penelitian ini adalah iii bahwa kinerja Primer Koperasi Kartika Psikologi cenderung fluktuatif sepanjang 2015-2019. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya koperasi meningkatkan pelatihan untuk anggota, melakukan strategi promosi yang lebih efektif dan memberdayakan anggota untuk meningkatkan partisipasi pada koperasi. Peningkatan kualitas anggota dapat memengaruhi kualitas pelayanan sehingga koperasi dapat mencapai kinerja yang lebih baik. Selain itu, koperasi sebaiknya menyeimbangkan baik perspektif keuangan dan nonkeuangan agar kinerja menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja Usaha,Koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:35
Last Modified: 05 Mar 2025 06:35
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item