Koeswara, Yoga (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT WASERDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Waserda Koperasi Pegawai Sasakadana Garut KPRI). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (81kB) |
Abstract
Yoga Koeswara, Analisis Kualitas Pelayanan Pada Unit Waserda Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasaan Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus Pada Unit Waserda Koperasi KPRI Sasakadana Garut). Di bimbing oleh Bapak DADAN HAMDANI. Koperasi Pegawai Sasakadana Garut (KPRI) Merupakan salah satu koperasi di kawasan Kota Garut yang salah satu bidang usahanya menyediakan jasa pelayanan unit wiserda untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Namun dalam beberapa tahun terakhir terdapat keluhan anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Sehingga hal tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah anggota yang keluar pada tahun 2018, dimana fenomena ini (exit) merupakan alat partisipasi anggota untuk menekan pihak manajemen. Tentu hal ini terjadi karena pelaksanaan pelayanan koperasi pegawai sasakadana garut (KPRI) yang kurang optimal. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Tanggapan Anggota Koperasi terhadap kualitas pelayanan unit waserda koperasi pegawai sasakadana garut (2) Mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasaan anggota koperasi terhadap pelaksanaan pelayanan unit waserda koperasi pegawai sasakadana garut (3) Mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan untuk kepuasan anggota pada koperasi pegawai sasakadana kota garut. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan data sekunder berasal dari literatur buku dan internet. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar anggota menilai pelayanan KPRI belum dapat memenuhi semua keinginan anggotanya. Akan tetapi, sebagian besar kepuasaan anggota cenderung terdapat pada pelayanan yang kurang dianggap kurang baik padalahal sangat begitu dipentingkan oleh anggota. Oleh karena itu, dari hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa KPRI harus memperhatikan pelayanan pada kuadran Prioritas Utama (A) sebanyak 3 Atribut dan memperhatikan fasilitas fisik yang digunakan dalam melayani anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Importance Performance Analysis (IPA) dan SPSS 25 |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:38 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:38 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |