Lestari, Siska Puji (2021) HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGANKEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Unit Usaha Sapi Perah Divisi Produksi dan Pemasaran susu Koperasi Serba Usaha Tandangsari). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) |
Abstract
Siska Puji Lestari (2021), Hubungan Customer Relationship Management dengan kepuasan pelanggan (studi kasus pada unit usaha sapi perah divisi produksi dan pemasaran susu KSU Tandangsar), dibawah bimbingan Bapak Udin Hidayat. Fenomena yang terjadi pada pada KSU Tandangsari adalah kepuasan pelanggan yang belum terpenuhi dilihat pada menurunya penjualan susu murni diakibatkan dari penerpan unsur Customer Relationship Management yang kurang optimal. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara Customer Relationship Management dengan kepuasan pelanggan pada unit usaha sapi perah divisi produksi dan pemsaran susu KSU Tandangsari. Metode penelitian dianalisis secara kuantitaitif dan didukung data kualitiatif dengan menggunakan pendekatan uji korelasi rank spearman yang dibantu dengan aplikasi SPSS dilihat dari hasil kuesioner responden mengenai variabel CRM dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel 21 responden dari pelanggan KSU Tandangsari. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan Customer Relationship Management dengan kepuasan pelanggan memiliki hubungan yang sangat kuat sebesar 0,887 dengan nilai signifikan 0,00. Dengan demikian apabila variabel CRM yang terdiri dari komitmen, komunikasi, dan kualitas pelayanan, dilakukan peningkatan terhadap variabel tersebut maka akan meningkat pula kepuasan pelanggan meningkat. Berdasarkan hasil analisis diatas untuk mengoptimalkan penerapan CRM di unit usaha sapi perah KSU Tandangsari agar tercapainya kepuasan pelanggan, koperasi perlu memperhatikan pelayanan secara personal, melakukan pencatatan data pelanggan dengan baik, dan pemanfaatan media sosial yang digunakan pelanggan akan mempermudah bagi pelanggan untuk menerima informasi dan sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:26 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:26 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |