Qirani, Nuzulul Fazri (2023) ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA : Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Kamola. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER.pdf Download (530kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (704kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (334kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
Abstract
Nuzulul Fazri Qirani 2023, Analisis Customer Relationship Management Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Anggota, (Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Karya Modal Lancar), di bawah bimbingan ibu Nanik Risnawati. Fenomena yang di temukan pada tahun 2022, unit perdagangan KKMK KAMOLA mengalami penurunan jumlah transaksi anggota sebesar 9,323%, permasalahan ini diduga akibat kurangnya loyalitas anggota. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan strategi customer relationship management agar meningkatkan loyalitas anggota pada koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Karya Modal Lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui customer relationship management yang ada pada unit usaha minimarket dalam perspektif anggota, tingkat Loyalitas anggota pada unit usaha minimarket, seberapa erat hubungan antara customer relationship management dengan Loyalitas anggota pada unit usaha minimarket, dan upaya peningkatan loyalitas anggota dengan menggunakan metode customer relationship management pada unit usaha minimarket. Metode penelitian dianalisis secara kuantitatif dan didukung data kualitatif dengan menggunakan pendekatan uji korelasi rank spearman yang dibantu dengan aplikasi SPSS 26 dilihat dari hasil kuesioner responden mengenai variabel customer relationship management dengan loyalitas anggota. Penelitian ini menggunakan sampel 40 responden dari keseluruhan anggota Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Karya Modal Lancar. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan customer relationship management dalam persektif anggota termasuk ke dalam kriteria cukup, lalu tingkat loyalitas anggota termasuk ke dalam kriteria baik. Customer relationship management dengan loyalitas anggota memiliki hubungan yang sedang (cukup) 0,524, Upaya dalam meningkatkan loyalitas anggota dengan menggunakan customer relationship management adalah meningkatkan pelayanan personal secara optimal kepada anggota koperasi, lebih mendengarkan keluhan / menyediakan fasilitas sebagai wadah keluhan anggota, penggunaan media sosial yang mudah dijangkau anggota sebagai sarana pemberian informasi terbaru dari koperasi, dan pengembangan dari sisi digital koperasi untuk mempermudah transaksi agar anggota , seperti menggunakan qris agar bisa melakukan pembelian secara berulang.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, Loyalitas Anggota, Pemasaran |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:45 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:45 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
