NURFAHIRA, SALSABILA (2024) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Usaha KPGSmart Koperasi Peternak Garut Selatan, Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
COVER-DAFTAR ISI - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Download (177kB) |
|
|
Text
BAB 1 - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Download (193kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
|
Text
BAB 3 - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
|
Text
BAB 4 - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Download (182kB) |
|
|
Text
BAB 5 - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Download (123kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Salsabila Nurfahira_compressed.pdf Download (106kB) |
Abstract
SALSABILA NURFAHIRA, 2024. Analisis Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai pelanggan (Studi Kasus pada Unit Usaha KPGSmart Koperasi Peternak Garut Selatan, Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat), di bawah bimbingan Endang Wahyuningsih. Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS) merupakan koperasi produsen dengan berbagai jenis unit usaha dan unit usaha KPGSmart yang akan menjadi objek penelitian, dimana koperasi menyediakan berbagai kebutuhan anggota. Unit usaha ini memiliki masalah mengenai strategi bisnis yang belum optimal, sehingga terjadinya penurunan partisipasi anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman menggunakan analisis SWOT sehingga pada akhirnya bisa menentukan strategi bisnis apa yang paling tepat untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan dan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh KPGSmart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study), data yang diperoleh melalui dianalisis secara deskriptif. Hasil pengolahan data yang di peroleh melalui wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan pemetaan posisi usaha berada di posisi agresif yakni kuadran I yaitu menggunakan strategi agresif yang merupakan situasi yang menguntungkan bagi koperasi, sehingga strategi yang relevan yang dapat digunakan oleh KPGSmart yaitu mempertahankan variasi produk dan meningkatkan promosi secara online untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Bisnis, Partisipasi Anggota, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:49 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:49 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
