Pratiwi, Hanny Dwi (2023) IMPLEMENTASI ASPEK PERPAJAKAN PADA KOPERASI KONSUMEN DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BISNIS KOPERASI YANG SEHAT : Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Pegawai Telekomunikasi Yogyakarta. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Download (829kB) |
|
|
Text
BAB I_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
BAB II_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text
BAB III_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text
BAB IV_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
|
Text
BAB V_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Download (118kB) |
|
|
Text
DAPUS_Hanny Dwi P_C2190062_SKRIPSI - Hanny Dwi Pratiwi.pdf Download (175kB) |
Abstract
HANNY DWI PRATIWI,2023. Implementasi Aspek Perpajakan Pada Koperasi Konsumen Dalam Upaya Menciptakan Bisnis Koperasi Yang Sehat. Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Pegawai Telekomunikasi Yogyakarta, dibawah bimbingan Bapak Wahyudin dan Bapak Evan Firdaus. Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh koperasi yaitu perpajakan yang mengunakan sistem self assessment menjadikan Masyarakat menentukan sendiri jumlah pajak yang mereka bayarkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memperoleh gambaran jelas pajak apa saja yang digunakan oleh koperasi konsumen, penerapannya seperti apa serta pelaporan pajaknya dilakukan seperti apa. Penelitian ini mengunakan pendekatan masalah dari teori-teori perkoperasian dan perpajakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripstif kualitatif. Hasil olahan berdasarkan wawancara juga berupa data angka-angka yang bisa dihitung seperti tarif pajak dan penghasilan atas SHU koperasi. Data yang diperoleh dianalasis lalu dipaparkan dan ditelaah, menjelaskan berdasarkan ketentuan pajak yang berlaku untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang aspek perpajakan dalam koperasi konsumen. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah bahwa di Koperasi Konsumen Pegawai Telekomunikasi Yogyakarta mengunakan 5 pasal PPh yaitu PPh Pasal 21, Pasal 23, Pasal 23, Pasal 25 dan yang terakhir adalah PPh Final atau PPh Pasal 4 ayat (2). Implementasinya sangat baik dan tertata dengan pelaporan dan pembayaran mengunakan sistem yang tersedia yaitu e-SPT dan e-Filling.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Aspek Perpajakan, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA AKUNTANSI > AKUNTANSI PERPAJAKAN |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:03 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:03 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
