Rusydiana, Diyan (2019) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MILNA BOLU ( Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Milna Bolu Anggota Kopinkra Mitra Boga Utama di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
Abstract
Diyan Rusydiana, Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Milna Bolu, Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Milna Bolu Anggota Kopinkra Mitra Boga Utama di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, di bawah bimbingan Hj. Yeni Wipartini, S.E., M.Ti. Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sektor Koperasi harus terus diberdayakan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Pemberdayaan kedua sektor tersebut dapat dilakukan dengan menyatupadukan kekuatan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dan potensi perkoperasian. Milna Bolu merupakan usaha yang dimiliki salah satu anggota Kopinkra Mitra Boga Utama. Permintaan pasar yang semakin meningkat mengharuskan untuk mengembangkan usahanya di bidang bolu. Milna Bolu dari tahun ke tahun sangat berfluktuasi, namun penurunan terjadi pada tahun 2015 ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah adanya pesaing baru yang menawarkan produk serupa dan kurangnya SDM dari perusahaan, hal tersebut yang menyebabkan volume penjualan pada Milna Bolu mengalami penurunan sebesar 80,4%. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bauran pemasaran yang telah diterapkan pada perusahaan Milna Bolu, tanggapan dan harapan konsumen terhadap bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan Milna Bolu. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode diagram kartesius. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen akhir dan konsumen reseller. Dari bauran pemasaran yang dilakukan oleh Milna Bolu, baik konsumen akhir dan konsumen reseller sepakat bahwa perusahaan harus memperbaiki pilihan variasi produk dan mencantumkan batas konsumsi pada label produk. Selain itu penjelasan merek produk, perbandingan harga dan tempat pendistribusian merupakan tanggapan yang berbeda antara konsumen akhir dengan konsumen akhir juga diharapkan adanya perbaikan dari perusahaan. Berdasarkan diagram kartesius terhadap pelaksanaan bauran pemasaran Milna Bolu, yang diharapkan oleh konsumen akhir terhadap perusahaan untuk memperbaiki pilihan variasi produk yang diproduksi saat ini serta mencantumkan batas konsumsi pada label produk. Selain itu perbandingan harga dan tempat pendistribusian diharapkan adanya perbaikan dalam pelaksanaan oleh konsumen. Sedangkan harapan konsumen reseller terhadap pelaksanaan bauran pemasaran Milna Bolu untuk memperbaiki pelaksanaan dalam pilihan variasi produk, penjelasan merek produk dan pencantuman batas konsumsi. Adanya tanggapan konsumen terhadap indikator yang kurang sesuai dalam pelaksanaan sehingga perusahaan harus mampu memperbaiki pelaksanaannya, terutama pada indikator yang termasuk dalam kuadran I diagram kartesius. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki bauran pemasaran dapat dilihat pada diagram kartesius. Perusahaan harus menginovasi pilihan variasi v produk supaya performa produk yang lebih menarik serta mencantumkan tanggal batas konsumsi dan komposisi pada label produk. Performa produk bisa dijadikan acuan untuk menetapkan harga, apakah lebih tinggi dari pesaing maupun lebih rendah. Bukan hanya itu, dengan diagram kartesius perusahaan diharapkan supaya memanfaatkan peluang yang ada untuk mengurangi kekurangannya. Hal tersebut dilakukan dengan cara memperluas wilayah pasar yang dimiliki oleh Milna Bolu sehingga memberikan pengaruh yang baik terhadap volume produksi dan omzet penjualan perusahaan. Apabila dalam menjalankan bisnisnya perusahaan kekurangan dana, perusahaan dapat memanfaatkan program KUR dari pemerintah untuk mendukung usaha yang telah dijalankannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Meningkatkan Volume Penjualan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:36 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:36 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |