ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEFISIT USAHA KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL USAHA (Studi kasus pada Koperasi Karyawan PDAM Tirtawening Kota Bandung )

Sidiq, Nazibullah Fathoni (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEFISIT USAHA KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL USAHA (Studi kasus pada Koperasi Karyawan PDAM Tirtawening Kota Bandung ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB)

Abstract

Nazibullah Fathoni Sidiq 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Defisit Usaha Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Usaha, Studi Kasus pada Koperasi Karyawan PDAM Tirtawening Kota Bandung. Sisa Hasil Usaha Koperasi Karyawan PDAM Tirtawening Kota Bandung pada tahun 2017 mengalami defisit usaha. Hal tersebut disebabkan oleh biaya yang lebih tinggi dibandingkan pendapatan. Oleh karena itu, perlu penelitian mengenai beroperasinya koperasi pada tingkat efisiensi serta efektivitas usaha secara operasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu metode penelitian dengan mencari atau merumuskan masalah berdasarkan data yang ada. Dimana metode ini digunakan untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan baik langsung maupun tidak langsung dalam meneliti objek. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, tingkat efisiensi usaha pada tahun 2013 dikatakan efisien, sedangkan tahun 2014 sampai dengan 2017 mengalami inefisien, kemudian efektivitas usaha pada tahun 2013 dan tahun 2014 dikatakan inefektif, pada tahun 2015 dikatakan efektif, tahun 2016 dikatakan inefektif, dan tahun 2017 dikatakan efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 183,23%. Kemudian berdasarkan kuesioner mengenai partisipasi anggota, partisipasi anggota dalam volume pembelian kebutuhan di koperasi, sebagian besar anggota, 50% atau sebagian kebutuhan sehari-harinya dipenuhi di koperasi, untuk tanggapa frekuensi pembelian kebutuhan, sebagian besar anggota melakukan transaksi 1-3 kali perbulan dalam pembelian produk/jasa dikoperasi. Mengenai bauran pemasaran berdasarkan hasil kuesioner, secara keseluruhan penilaian anggota terhadap koperasi mencapai kriteria mempengaruhi. Kemudian hasil perhitungan persentase per komponen biaya, biaya yang paling besar dari biaya lainnya adalah biaya umum yaitu sebesar Rp.2.284.492.750 dengan persentase 61,60% dari total biaya koperasi, dan pada biaya umum komponen biaya yang paling besar yaitu biaya utang pesangon sebesar Rp.1686.551.574 dengan persentase 73,83% dari total biaya umum. Adanya analisis faktor-faktor yang mempengaruhi defisit usaha diharapkan mampu memberi gambaran untuk mempertimbangkan dan menetapkan kebijakan dalam mengambil keputusan yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: efisiensi,efektivitas,bauran pemasaran,shu.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:30
Last Modified: 21 Mar 2023 02:30
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item