Nugraha, Heri (2011) KIAT-KIAT MENCEGAH TIMBULNYA KREDIT BERMASALAH DI MIKRO BANKING. Self Help Jurnal Koperasi & UMKM. pp. 101-134. ISSN 2088-1177
Text
Heri N-Jurnal Coop Vol IV No.1 Maret 13.pdf Download (979kB) |
Abstract
Setiap bank harus berusaha keras untuk mencegah terulangnya kasus kredit bermasalah. Hal itu dapat mereka lakukan dengan jalan menerapkan asas manajemen kredit yang sehat. Penerapan asas manajemen kredit yang sehat itu mencakup penyusunan kebijaksanaan pokok penyaluran kredit, analisis kredit yang profesional, meningkatkan mutu sumber daya manusia, pengawasan mutu kredit, penanganan kredit bermasalah secara profesional, penyusunan dokumen dan administrasi kredit yang sehat. Agar dapat dikategorikan sehat, kebijaksanaan pokok penyaluran kredit minimum harus mencakup ketentuan tentang organisasi perkreditan, kebijaksanaan persetujuan kredit, pemberian edit kepada debitur yang terkait dengan bank dan kriteria kredit berisiko. Kebijaksanaan kredit yang sehat tidak dapat berjalan efektif tanpa didukung oleh tenaga kerja yang andal. Oleh karena itu, di samping menyusun kebijaksanaan kredit yang sehat, agar dapat mencegah terulangnya kasus kredit bermasalah, bank wajib menyelenggarakan program pengembangan sumber daya manusia ara terus menerus. Di samping itu, mereka harus mampu menerapkan program pengawasan kredit yang efektif, serta mempunyai dokumen dan administrasi kredit yang andal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kredit, Bank |
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | DOKUMEN IKOPIN |
Depositing User: | Ikopin Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 08:53 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 08:53 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/990 |
Actions (login required)
View Item |