ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Koperasi Pegawai Dinas Koperasi 12 Juli)

Wardani, Septa Cantika Berlian Pramudya (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Koperasi Pegawai Dinas Koperasi 12 Juli). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstract

Septa Cantika Berlian Pramudya Wardani (C1160127), Analisis Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota, Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli dibawah bimbingnan Bapak Shofwan Azhar Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli memiliki enam unit usaha yaitu unit simpan pinjam, unit waserda, unit fotocopy, unit jasa rental kendaraan, unit coopmart dan unit non operasional. Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli memiliki Anggota sebanyak 278 orang yang mana anggotanya merupakan seluruh pegawai Dinas Koperasi. Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli perlu mengikuti perkembangan zaman terutama pada perkembangan teknologi salah satunya dengan menggunakan media sosial dalam kegiatan promosinya tidak hanya itu, dalam upaya mengembangkan unit usahanya Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli tidak hanya melakukan komunikasi secara konvensional saja tetapi juga memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang salah satunya dengan menggunakan media sosial sebagai media promosinya sehingga diharapkan pengurus dapat berkomunikasi dan melakukan kegiatan promosi yang dapat tersampaikan dengan cepat dan sesuai dengan yang diharapkan maka dengan adanya kegiatan promosi melalui media sosial dapat menambahkan partisipasi aktif para anggota terutapa partisipasi anggota sebagai pelanggan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media sosial mana yang efektiv penggunaannya dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli melalui tanggapan anggota dengan menggunakan EPIC model yaitu menganalisis efektivitas menggunakan empat dimensi yaitu dimensi empati (Empathy), persuasi (Persuation), dampak (Impact), dan komunikasi (Communication). faktor apa saja yang menjadi penghambat efektivitas pelaksanaan kegiatan promosi dan upaya – upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan di Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial yang berada pada kategori efektiv seluruh dimensinya yaitu WhatsApp dan Facebook sedangkan Blog dan Instagram pada dimensi empati (Empathy) dan komunikasi (Communication) berada pada kategori evektif dan dimensi persuasi (Persuation) dan dampak (Ipmact) berada pada kategori tidak evektif maka Koperasi perlu melakukan inovasi dan memberikan informasi dan edukasi tentang cara penggunaan media sosial yang dimiliki oleh Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli untuk menarik anggota berpartisipasi sehingga dapat meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Media Promosi, Partipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:34
Last Modified: 08 Jun 2021 03:34
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item