ANALISIS STRATEGI USAHA RITEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi kasus pada Unit Usaha Jasa Perdagangan (UJP) Koperasi konsumen Mulia RSUD Majalaya Kabupaten Bandung Jawa Barat)

Arthathi, Rini (2020) ANALISIS STRATEGI USAHA RITEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi kasus pada Unit Usaha Jasa Perdagangan (UJP) Koperasi konsumen Mulia RSUD Majalaya Kabupaten Bandung Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

Rini Arthathi, menulis penelitian dengan judul Analisis Strategi Usaha Ritel Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. Studi kasus pada unit jasa perdagangan koperasi konsumen mulia RSUD Majalaya di Jalan Cipaku No. 87 Paseh-Majalaya Kabupaten Bandung. Penelitian ini di bawah bimbingan Hj. Yeni Wipartini, SE, M.Ti. Objek dari penelitian ini adalah unit jasa perdagangan. Pendapatan unit jasa perdagangan mengalami kenaikan setiap tahunnya, tetapi partisipasi anggotanya masih rendah, kondisi yang diduga menjadi faktornya dalah tata letak yang belum tertata rapih, belum banyaknya variasi dan ragam barang yang di jual, lokasi yang tidak terlalu mencolok dan fasilitas yang masih kurang seperti lahan parkir yang sempit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sejauh mana pelaksanaan Strategi Usaha Ritel yang ada di koperasi konsumen mulia RSUD Majalaya, partisipasi anggota sebagai pelanggan, tanggapan dan harapan anggota terhadap pelaksanaan strategi usaha ritel unit jasa perdagangan, dan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipsi anggota sebagai pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 orang, yang terdiri dari 26 orang responden aktif dan 14 orang responden yang tidak aktif dan menggunakan 2 jenis kuisioner yang berbeda. penelitian ini dianalisis menggunakan diagram cartesius. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa unsur-unsur strategi usaha ritel yang termasuk ke dalam Kuadran A adalah perbandingan harga dengan pesaing, potongan harga untuk anggota yang berbelanja, dan barang-barang yang masih kurang tertata dengan rapih dan menarik. Kuadran B yaitu lokasi usaha yang mudah di jangkau, harga barang yang di tawarkan sudah sesuai, pelayanan yang ramah dan pelayanan yang cukup sigap. Kuadran C :Variasi produk, ketersediaan jumlah barang yang di jual, rutinitas promosi yang dilakukan koperasi, dan ketepatan promosi yang di lakukan Dan Kuadran D : kelengkapan produk, lokasi usaha yang didirikan cukup strategis (dekat dengan keramaian) dan jam buka dan tutup toko yang sesuai. Adapun pelaksanaan strategi usaha ritel di unit jasa penjualan koperasi konsumen mulia sudah baik. Sedangkan untuk harapan anggota terhadap pelaksanaan strategi usaha ritel termasuk kedalam kategori penting. Yang berarti masih adanya kesenjangan antara pelaksanaan strategi usaha ritel dengan harapan anggota. Untuk itu, diharapkan pengurus dan pegawai unit jasa penjualan agar lebih baik dan sesuai dengan yang di harapkan oleh anggota, supaya bisa menarik iv minat anggota untuk berbelanja dan meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan di unit jasa penjualan koperasi konsumen mulia RSUD Majalaya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Usaha Ritel, Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jun 2025 08:08
Last Modified: 20 Jun 2025 08:08
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item