Annurullah, Priandanu (2020) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SAMSAT KELILING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (171kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (111kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor” (Studi Kasus pada Kantor bersama SAMSAT Kabupaten Sumedang)”. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi samsat keliling dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, mengetahui apakah sistem informasi akuntansi yang digunakan samsat keliling sudah memadai, serta untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi samsat keliling dengan tingkat pelayanan. Metode Penulisan skripsi ini menggunakan metode kualitatif dan merupakan jenis penelitian research and development. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menyebarkan wawancara kepada responden. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana tujuannya untuk mengetahui dan menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan 4 (empat) tahap : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan data triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan beberapa kelebihan yaitu mudahnya prosedur pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan meningkatnya penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) setiap tahunnya. Tetapi masih ada kelemahan yang harus diperbaiki pada Layanan Samsat Keliling seperti kurang memadai sarana dan prasarana, kurangnya sosialisasi pelayanan, dan Kesadaran Wajib Pajak. Penerapan petugas dalam melakukan pelayanan di Samsat Keliling sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di samsat.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pajak Kendaraan Bermotor, SAMSAT Keliling, Sistem Informasi Akuntansi. |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA AKUNTANSI > AKUNTANSI PERPAJAKAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:15 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:15 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1104 |
Actions (login required)
View Item |