ANALISIS LOYALITAS KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi kasus Pada Koperasi Usaha Bersama (KUB) RSUD Ujungberung)

Nengsih, Fifit Fitriya (2020) ANALISIS LOYALITAS KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi kasus Pada Koperasi Usaha Bersama (KUB) RSUD Ujungberung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (54kB)

Abstract

Fifit Fitriya Nengsih, 2020. Analisis loyalitas karyawan dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja karyawan (Studi Kasus pada Koperasi Usaha Bersama (KUB) RSUD Ujungberung). Dibawah bimbingan Drs. Dadan Hamdani , MM. Koperasi Usaha Bersama (KUB) RSUD Ujungberung merupakan koperasi yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit No.22 Ujungberung-Bandung yang memiliki 8 orang karyawan dan 724 anggota. Unit usaha yang dikelola oleh Koperasi Usaha Bersama RSUD Ujungberung yaitu, Unit Usaha Simpan Pinjam (USP), Unit Usaha Perdagangan Umum (Waserda), dan Unit Usaha Pengadaan Barang dan Jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis loyalitas karyawan dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang ada di Koperasi Usaha Bersama RSUD Ujungberung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan analisis data secara deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan populasi sebanyak 8 orang karyawan. Berdasarkan survei pendauhulan didapat sebuah fenomena yang dirasa sangat berpotensi untuk menimbulkan masalah yakni Koperasi Usaha Bersama RSUD Ujungberung tidak memiliki pedoman atau acuan sistem penggajian karyawan dan perlindungan bagi karyawan baik dari segi kesehatan maupun keselamatan kerja yang mana hal ini akan mempengaruhi kepuasan kerja pada karyawan Koperasi Usaha Bersama RSUD Ujungberung. Hal ini juga tentunya berpengaruh pada bagaimana seorang karyawan memiliki keiginan untuk bekerja dan berusaha sebaik-baiknya untuk mempertahankan keanggotaannya atau disebut dengan loyalitas yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam membuat komitmen kerja kedepan dengan lebih baik dan hasil yang produktif. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan kerja karyawan Koperasi Usaha Bersama RSUD Ujungberung tergolong masih rendah terutama pada dimensi gaji, pekerjaan, promosi atau kesempatan untuk berkembang dan lingkungan kerja. Begitupun juga hal nya dengan indikator loyalitas karyawan yang dapat dilihat dari 3 aspek yaitu kepercayaan yang kuat dan penerimaan tujuan dan nilai-nilai organisasi, dorangan yang kuat untuk mempertahankan keanggotaanya dalam organisasi dan kemauan untuk berusaha sekuatnya demi organisasi tergolong masih rendah. maka dari itu, upaya koperasi untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan ialah dengan menggunakan istrumen yang berkaitan dengan dimensi gaji, pekerjaan, promosi, dan lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Karyawan, Kepuasan Kerja
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jun 2025 08:06
Last Modified: 20 Jun 2025 08:06
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item