HUBUNGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN MINAT BELI ANGGOTA (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung)

Ismoyo, Agung (2019) HUBUNGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN MINAT BELI ANGGOTA (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)

Abstract

Agung Ismoyo, Hubungan Media Sosial Instagram dengan Minat Beli Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung), di bawah bimbingan Bapak Ir. H. Indra Fahmi, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung telah memiliki media sosial berupa Instagram untuk membagikan kegiatan yang dilakukan ataupun melakukan promosi terkait barang yang disediakan. Hal ini dilakukan agar dapat mempermudah Kopma untuk menarik minat beli anggota. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya hubungan antara Media Sosial Instagram dengan Minat Beli Anggota. Media sosial merupakan suatu aktivitas komunikasi pemasaran yang menggunakan media elektronik (online) dalam menarik konsumen atau perusahaan dalam berbagai bentuk (gambar, tulisan, dan lain-lain) untuk meningkatkan kesadaran, citra perusahaan, dan untuk meningkatkan volume penjualan. Sedangkan minat beli dipengaruhi oleh pengaruh eksternal, kesadaran akan kebutuhan, pengenalan produk dan evaluasi alternatif adalah hal yang dapat menimbulkan minat beli konsumen. Pengaruh eksternal ini terdiri dari usaha pemasaran dan faktor sosial budaya. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Adapun data yang diperlukan yaitu data primer, sekunder, kualitatif dan kuantitatif. Terdapat dua variabel dalam penelitian yaitu Media Sosial Instagram dan Minat Beli Anggota. Dengan mengambil sumber data dari responden, informan dan literatur, teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa cara yaitu studi pustaka, observasi, wawancara, kuesioner dan eksplorasi internet. Sedangkan untuk pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 22 yaitu dengan analisis korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram dan minat beli berada pada kriteria yang baik namun masih ada beberapa indikator yang berada di dalam kategori cukup baik. Selain itu, untuk hasil uji korelasi pearson pada variabel media sosial instagram dengan minat beli mempunyai nilai r sebesar 0,429, dengan nilai signifikan sebesar 0,018. Sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan media sosial Instagram dengan minat beli berpengaruh positif yang cukup erat sesuai dengan aturan Guilford.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Minat Beli Anggota.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 30 Apr 2025 01:47
Last Modified: 30 Apr 2025 01:47
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item