Afifah, jihan (2021) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan “Tirta Karya” PDAM Tirtawening Kota Bandung Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman depan.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (45kB) |
Abstract
Jihan Afifah (2021). “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Partsipasi Anggota Sebagai Pelanggan”, studi kasus pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan “Tirta Karya” PDAM Tirtawening kota Bandung. Penelitian ini di bawah bimbingan Hj. Inne Risnaningsih, SE, M.Si Objek dari penelitian ini adalah Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Tirta Karya PDAM Tirtawening kota Bandung. Pendapatan pada Unit Perdagangan mengalami turun naik setiap tahunnya, dan secara linear mengalami penurunan hingga 38,2% selama 5 tahun terakhir. Jumlah transaksi anggota pada Unit Perdagangan juga terbilang rendah, dengan rata-rata hanya 35,7% dari total Pendapatan. Hal tersebut menggambarkan partisipasi anggota masih rendah, diperkuat dengan data dari BPS, bahwa rata-rata jumlah transaksi anggota hanya 1,09% dari rata-rata pengeluaran per kapita per bulan pada jenis pengeluaran makanan masyarakat kota Bandung, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran di Unit Perdagangan, partisipasi anggota, tanggapan dan harapan anggota terhadap pelaksanaan bauran pemasaran Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Tirta Karya PDAM Bandung, dan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 31 orang anggota aktif dan dianalisis menggunakan metode studi kasus (case study), yang merupakan salah satu metode deskriptif analisis yang dilakukan pada Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Tirta Karya PDAM Bandung. Alat analisis yang digunakan adalah Diagram Kartesius. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan bauran pemasaran di Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Tirta Karya PDAM Bandung sudah Baik. Sedangkan untuk harapan anggota terhadap pelaksanaan bauran pemasaran termasuk dalam kategori Sangat Penting. Yang berarti masih adanya kesenjangan antara pelaksanaan bauran pemasaran dengan harapan anggota. Untuk itu, diharapkan pengurus dan karyawan Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Tirta Karya PDAM Bandung mengevaluasi dan perbaiki pelaksaan bauran pemasaran pada Unit Perdagangan agar lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan oleh anggota, supaya bisa menarik minat partisipasi anggota sebagai pelanggan dalam berbelanja di Unit Perdagangan Koperasi Karyawan Tirta Karya PDAM Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:51 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:51 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |