ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYAMENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Koperasi Pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar)

Liana, Marlina (2021) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYAMENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Koperasi Pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB)

Abstract

Marlina Liana (C1170337), Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Mening�katkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, Studi kasus pada unit waserda koperasi KPDK 12 Juli dibawah bimbingan Ir. Hj. Nanik Risnawati,MS. Objek dari penelitian ini yaitu Unit Waserda Koperasi KPDK 12 Juli. Dalam pendapatannya Unit Waserda mengalami penurunan setiap tahunnya, ini mengidi�kasikan dari partisipasi anggota yang masih rendah. Kondisi ini terjadi diduga ka�rena faktor ketersediaan produk yang masih kurang, penetapan harga yang tidak lebih murah dari pesaing, tidak adanya promosi untuk anggota, dan tidak ada label harga, serta penataan barang yang belum rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran eceran oleh Unit Waserda, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan bauran eceran, mengetahui tingakat partisipasi anggota pada Unit Waserda, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan koperasi dalam meningkatkan partisipasi anggota pada unit waserda melalui bauran eceran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi ka�sus dengan metode analisis skoring dan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan anggota terhadap pelaksa�naan bauran eceran pada Unit Waserda adalah sebagai berikut, yang dinilai Baik oleh anggota adalah lokasi mudah dijangkau, kedekatan unit waserda dengan pusat keramaian, area parkir. Yang di nilai cukup baik oleh anggota adalah kelengkapan produk dibanding pesaing. Sedangkan yang dinilai sangat baik oleh anggota adalah kualitas produk, harga barang dibanding pesaing, perbedaan harga anggota dan non anggota, memberikan potongan harga/diskon, penyebaran informasi melalui sosial media, teta letak/penataan barang, kebersihan didalam toko, kenyamanan tempat, waktu pelayanan toko, cekatan dalam melayani. Secara keseluruhan tanggapan ang�gota terhadap pelaksanaan bauran eceran adalah baik. Sedangkan harapan anggota terhadap bauran eceran pada unit waserda yang di nilai penting oleh anggota adalah lokasi mudah dijangkau, tata letak/penataan barang, kebersihan didalam toko, kenyamanan tempat, waktu pelayanan toko, ceka�tan dalam melayani. Dan yang yang dinilai oleh anggota adalah kedekatan unit waserda dengan tempat keramaian, area parkir, kelengkapan produk dibanding pe�saing, kualitas produk, harga barang dibanding pesaing, perbedaan harga anggota dan non anggota, memberikan potongan harga/diskon, penyebaran informasi me�lalui sosial media. Sehingga disimpulkan bahwa harapan anggota terhadap bauran eceran adalah penting. Untuk mengetahui indikator mana dalam bauran eceran yang perlu jadi pri�oritasakan digunakan diagram kartesius. Indikator yang menjadi prioritas untuk di�perbaiki meliputi lokasi mudah dijangkau, kualitas produk, dan waktu pelayanan toko. Yang perlu dipertahankan adalah perbedaan harga anggota dan non anggota, kebersihan didalam toko, kenyamanan tempat. Sedangkan yang bisa dibiarkan saja seperti apa adanya adalah kedekatan unit waserda dengan pusat keramaian, area iii parkir, kelengkapan produk dibanding pesaing. Semntara itu yang pelaksanaan nya sudah baik namun unsur bauran eceran dianggap kurang penting oleh anggota ada�lah harga barang dibanding pesaing, memberikan potongan harga/diskon, penyebaran informasi melalui sosial media, tata letak/penataan barang, cekatan dalam melayani

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Eceran, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:34
Last Modified: 20 Jun 2025 07:34
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item