POLA KOMUNIKASI ORGANISASI KPRI-KPKS DALAM PELAYANAN PADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia-Korps Pegawai Kesehatan Sumedang Unit Simpan Pinjam dan MiniMarket)

Utami, Anggita Mawar (2019) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI KPRI-KPKS DALAM PELAYANAN PADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia-Korps Pegawai Kesehatan Sumedang Unit Simpan Pinjam dan MiniMarket). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB)

Abstract

Anggita Mawar Utami (2019), Pola Komunikasi Organisasi KPRI-KPKS Dalam Pelayanan Pada Anggota, (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia-Korps Pegawai Kesehatan Sumedang, Kotakulon Kabupaten Sumedang, Jawa Barat) di bawah bimbingan Ami Purnamawati. Dalam dunia bisnis di era industri 4.0 saat ini, kemampuan untuk menciptakan inovasi teknologi, informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam seluruh proses bisnis menjadi kunci keberhasilan bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Secara objektif salah satu pelaku bisnis selain BUMN dan BUMS adalah koperasi, salah satu koperasi yang dalam kepemimpinannya menekankan kedisiplinan, membangun sikap berdedikasi tinggi, membina rasa tanggung jawab dan memberi motivasi kerja sama adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia�Korps Pegawai Kesehatan Sumedang (KPRI-KPKS) dengan tujuan yang sama selayaknya koperasi pada umumnya untuk mensejahterakan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Komunikasi menjadi peran penting dalam penyampaian pesan. Dalam komunikasi organisasi, dilakukan di dalam koperasi dari pengurus kepada karyawan maupun antar divisi unit usaha dan anggota. Pelayanan merupakan upaya dalam memenuhi akan kebutuhan konsumen/anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi KPRI-KPKS dalam pelayanan pada anggota di unit simpan pinjam dan mini market. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan metode survei wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu pola komunikasi dalam pelayanan digambarkan dalam bentuk garis dalam satu kotak yang disebut dengan “pola komunikasi organisasi” yang dimana pengurus, karyawan dan anggota selama proses komunikasi saling bertukar posisi sebagai pengirim dan penerima pesan. Kualitas pelayanan KPRI-KPKS memiliki pelayanan yang optimal, karena dalam memberikan pelayanan kepada anggota pengurus dan karyawan selalu berusaha untuk cepat tanggap, ramah, berpenampilan rapih dan berkomunikasi secara efektif kepada setiap anggota yang melakukan transaksi di koperasi tersebut. Proses komunikasi yang efektif pada anggota akan memberikan dampak positif pada pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Pola Komunikasi, Pelayanan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KOMUNIKASI BISNIS & PENYULUHAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:10
Last Modified: 03 Mar 2023 03:10
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item