ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL (Studi Kasus Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Ben Sejahtera Kroya)

Dewi, Ellin Sinta (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL (Studi Kasus Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Ben Sejahtera Kroya). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)

Abstract

Ellin Sinta Dewi (2021), Analisis Startegi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pembiayaan Murabahah pada Baitul Maal wa Tamwil, study kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil yang beralamat di Jalan Sindoro No. 1 Kroya, Kroya, Cilacap, Jawa Tengah di bawah bimbingan Bapak Ery Supriyadi Rustidja dan Bapak Nurjamil. Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya penurunan volume penjualan pembiayaan pada produk pembiayaan murabahah. Untuk meningkatkan kembali maka dilakukan analisis dengan menggunakan strategi pemasaran syariah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari startegi pemasaran syariah untuk meningkatkan volume penjualan pembiayaan murabahah. Metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan studi kasus dengan analisis deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan mengumpulkan data melalui interview, observasi, kuesioner, dokumentasi dan akan dilakukan dengan menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan tergolong baik dengan total skor sebesar 7.554 dari 22 indikator yang diteliti ada 3 indikator mempunyai kriteria cukup baik yaitu harga dan angsuran. Sedangkan untuk penilaian tanggapan anggota mengenai volume penjualan yang paling tinggi adalah indikator frekuensi pembelian dengan skor 398 dan terendah pada indikator promosi dengan skor 299, dengan faktor-faktor yang dapat meningkatkan volume penjualan produk pembiayaan murabahah diantaranya ialah selera anggota, kondisi dan kemampuan menjual, menurunkan harga dengan potongan dan melakukan promosi adapun strategi yang dapat meningkatkan volume penjualan ialah mengenali anggota dengan 5C (character, capital, collateral, capacity, condition), menjalin hubungan baik dengan anggota.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus SPPS versi 26 menunjukan bahwa koefisien korelasi variabel startegi pemasaran syariah dengan volume penjualan sebesar 0,571, artinya ada korelasi yang sedang antara strategi pemasaran syariah dengan volume penjualan dengan arah positif. Makna positif menunjukan smakin baik strategi pemasaran yang diterapkan maka semkain baik meningkatkan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Volume penjualan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA EKONOMI SYARIAH > MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 19 May 2023 08:45
Last Modified: 19 May 2023 08:45
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item