ANALISIS KINERJA PENGURUS DALAM MEMBERIKANPELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat)

Chairunnisa, Farichah (2021) ANALISIS KINERJA PENGURUS DALAM MEMBERIKANPELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB)

Abstract

Farichah Chairunnisa (2021), Analisis Kinerja Pengurus Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat) di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Rosti Setiawati, M.Si. Koperasi Pegawai Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat merupakan suatu badan usaha yang anggotanya adalah para pegawai yang bekerja di lingkungan kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat. Dalam kegiatan usahanya, koperasi memiliki dua unit yaitu unit simpan pinjam sebagai usaha utama, serta mengembangkan unit perdagangan juga. Namun akibat adanyapandemi COVID-19 membuat koperasi ini harus menutup unit perdagangan serta mengurangi waktu pelayanan simpan pinjam hanya sampai setengah hari saja sehingga pelayanan dan pengelolaan koperasi kurang optimal. Pengelolaan dan pelayanannya ditangani langsung oleh pengurus dan tidak ada karyawan dikoperasi tersebut, sehingga pengurus yang bertugas mengalami penambahan pekerjaan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kinerja pengurus dalam memberikan pelayanan, mengetahui partisipasi anggota sebagai pemilik dan pelanggan, serta upaya yang harus dilakukan pengurus untuk meningkatkan partisipasi anggota.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kinerja pengurus dalam memberikan pelayanan secara keseluruhan dalam kriteria baik, maka perluditingkatkan lagi supaya lebih maksimal. (2) Partisipasi anggota sebagai pemilik secara keseluruhan dalam kriteria baik, maka perlu ditingkatkan lagi supaya lebih maksimal. (3) Partisipasi anggota sebagai pelanggan secara keseluruhan dalam kategori baik, maka perlu ditingkatkan lagi supaya lebih maksimal. (4) Upaya yang harus dilakukan pengurus untuk meningkatkan partisipasi anggota adalah dengan meningkatkan kinerja pengurus baik dalam segi pelayanan ataupun yang lainnya, memberikan sosialisasi kepada anggota mengenai pentingnya berkoperasi serta berpartisipasi di dalamnya, serta merekrut karyawan untuk membantu danmemudahkan pengelolaan koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Kinerja Pengurus, Pelayanan, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:43
Last Modified: 05 Mar 2025 04:43
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item