ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Toko KSU Budidaya Buah Batu, Bandung )

Ega, Apriana (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Toko KSU Budidaya Buah Batu, Bandung ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (48kB)

Abstract

Apriana Ega 2021, Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi kasus pada Unit Usaha Toko KSU Budidaya Kecamatan Lengkong Kota Bandung Jawa Barat, di bawah bimbingan bapak Gijanto Purbo Suseno. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran tentang partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Usaha Toko KSU Budidaya dan pelayanan yang disediakan oleh unit usaha serta tanggapan anggota tentang pelaksanaan dan harapan pelayanaan yang diberikan oleh KSU Budidaya di unit usaha tersebut.Berdasarkan dari hasil penelitian yang pertama pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh Unit Usaha Toko yang dinilai dengan terio Alex S Nitisemito melalui 5 unsur yaitu tepat jenis ,tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, dan tepat tempat, sehingga anggota Unit Usaha Toko KSU Budidaya menilai kualitas pelayanan yang kurang baik. Tanggapan anggota terhadap pelaksanaan dan harapan berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh Unit Usaha Toko Berdasarkan analisis diagram kartesius yang dilakukan pada Unit Usaha Toko pelaksanaan pelayanan baik dan anggota menilai bahwa variabel kualitas pelayanan penting. Anggota menggap bahwa jarak tempat tinggal dengan toko memiliki harapan yang tinggi pada indikator tersebut. Namun tingkat pelaksanaannya belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh anggota. Indikator kelengkapan jenis produk, kualitas produk, jam buka, jam tutup, kebijakan harga jual, kesesuaan harga dengan kualitas, dan keamanaan artinya bahwa indikator�indikator tersebut tingkat pelaksanaannya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh anggota. Indikator kuantitas produk, ketersediaan produk, ketepatan waktu penyediaan, layanan pesan antar, ukuran tempat pelayanaan, dan fasilitas yang tersedia indikator-indikator tersebut tingkat pelaksanaan serta harapannya dinilai rendah oleh anggota. Indikator harga dibandingkan dengan pesaing dapat diartikan bahwa tingkat pelaksanaannya tinggi namun harapan dari anggota rendah. Dan upaya�upaya yang dilakukan oleh Koperasi adalah Menyediakan produk yang kualitasnya sesuai dengan harga jual ,adanya layanan pesan antar yang disediakan oleh Koperasi untuk para anggota yang ingin berbelanja, adanya perencanaan untuk penyediaan produk yang lebih banyak pada Unit Usaha Toko, menambah jenis produk yang akan dijual pada Unit Usaha Toko, memberikan potongan harga pada para anggota yang berbelanja mendekati hari raya, menambah fasilitas yang lebih baik pada Unit Usaha Toko agar anggota lebih merasa nyaman saat berbelanja.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanaan, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:43
Last Modified: 13 Feb 2025 06:43
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item