ANALISIS PERAN MANAJER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam “Kopdit Pelangi Kasih” Kota Bandung)

Murnilawati, Lilis (2018) ANALISIS PERAN MANAJER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam “Kopdit Pelangi Kasih” Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB)

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam merupakan suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang keuangan, yang mempunyai kegiatan pokok menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggota yang membutuhkan dana. Untuk dapat mengelola usaha tersebut, dibutuhkan kinerja karyawan yang baik. Namun pada kenyataanya, kinerja karyawan di koperasi masih perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah anggota yang mengajukan pinjaman mengalami penurunan. Kondisi ini dalam jangka panjang akan merugikan koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran manajer di KSP Kopdit Pelangi Kasih, mengetahui bagaimana kinerja karyawan di KSP Kopdit Pelangi Kasih, mengetahui upaya apa yang harus dilakukan manajer kaitannya dengan perannya untuk meningkatkan kinerja karyawan di KSP Kopdit Pelangi Kasih. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode studi kasus, yaitu pengamatan langsung, memahami dan dianalisis. Bentuk penelitian ini adalah penelitian analisis yang diteliti yaitu: peran manajer dan kinerja karyawan. Disajikan dalam bentuk tabel dengan ukuran sampel sebesar 33 orang karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan peran manajer di KSP Kopdit Pelangi Kasih adalah Cukup Baik. Hal ini dapat dilihat dimana tanggapan karyawan yang belum optimal adalah pada indikator membangun dan menjaga komunikasi antar karyawan, mengembangkan rencana kegiatan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan karyawan, membimbing dan mengarahkan tugas-tugas karyawan. Upaya yang harus dilakukan manajer kaitannya dengan perannya untuk meningkatkan kinerja karyawan di KSP Kopdit Pelangi Kasih yaitu manajer harus menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan semua karyawan, melakukan pendampingan, pengarahan, serta evaluasi kinerja karyawan. Selain itu manajer vharus memberikan teguran secara lisan, tulisan dan skorsing. Serta mengawasi dan mendisiplinkan kembali jam kerja untuk karyawan agar lebih produktif dalam bekerja. Saran yang sekiranya dapat memberikan masukan yaitu manajer harus melakukan pendampingan secara intensif kepada karyawan, manajer harus menetapkan standar hasil kerja yang jelas, dan manajer harus memenuhi kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Selain itu manajer harus memberikan hadiah dan hukuman. Dengan demikian maka akan memotivasi karyawan untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Manajer, Kinerja Karyawan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:51
Last Modified: 13 Feb 2025 05:51
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item