Luqmansyah, Yasir (2018) PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Kasus pada Koperasi Keluarga Besar IKOPIN ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (83kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (38kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (75kB) |
Abstract
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan factor penting dalam pencapaian tujuan koperasi. Termasuk pada Koperasi Keluarga Besar (KKB) Ikopin yang juga merupakan organisasi bisnis yang bertujuan mensejahterakan anggota khususnya, dan masyarakat pada umumnya. sumber daya manusia dipandang sebagai faktor strategis dan sangat menentukan dalam merealisasikan visi dan misi organisasi dibanding dengan faktor yang lain. Agar sumber daya manusia yang dimiliki dapat berkontribusi maksimal terhadap keberhasilan organisasi, maka agenda penting bagi pengelolaan sumber daya manusia adalah mengidentifikasi atribut atau kualifikasi yang relevan dengan arah visi dan misi organisasi.Banyak faktor yang menyebabkan sumber daya manusia memiliki kinerja unggul, sehingga mampu mendorong keberhasilan organisasi salah satunya adalah kompetensi sumber daya manusia. Maka dari itu penelitian ini mencoba mengkaji menganalisa mengenai pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan melalui teori-teori yang menunjang penelitian ini. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif terhadap sejumlah sampel di KKB Ikopin, dapat disimpulakan bahwa kompetensi karyawan termasuk kedalam kriteria baik, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti pada dimensi pengetahuan diantaranya mengenai kesesuaian pendidikan dengan pekerjaan karyawan, dan daya analisis. Dimensi keterampilan (skill) yaitu dalam indikator kesesuaian keterampilan dengan pekerjaannya, dan penguasaan teknologi. Dan dalam dimensi sikap (attitude) terdapat satu indikator yaitu kreativitas. sementara Kinerja karyawan KKB Ikopin secara keseluruhan termasuk kedalam kriteria baik, namun terdapat beberapa hal yang masih perlu diperbaiki, seperti pada dimensi kualitas yaitu kepatuhan dalam hal penyelesaian pekerjaan, dalam dimensi kuantitas yaitu orientasi hasil dalam hal melampaui target pekerjaan, dan dalam dimensi kerja sama yaitu komunikasi dalam hal mengutarakan pendapat dalam rapat. Hal tersebut perlu diperbaiki guna tercapainya tujuan koperasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Kinerja, Kinerja Karyawan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:58 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:58 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1742 |
Actions (login required)
View Item |