Arianti, Gina Fitri (2018) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN JASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Perdagangan Jasa Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Kamola Majalaya – Kab. Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (116kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (41kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) |
Abstract
Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Kamola atau disingkat menjadi KKMK Kamola merupakan koperasi serba usaha yang anggotanya adalah pegawai buruh pabrik di sekitar Majalaya Kab.Bandung. kegiatan usahanya adalah Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Perdagangan Jasa, dan Unit Pembayaran Listrik. Adapun fenomena yang terjadi pada KKMK Kamola yaitu kecilnya partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Perdagangan Jasa, ditunjukan dengan kecilnya partisipasi anggota sebagai pelanggan pada laporan pertanggung jawaban selain itu ditemukan sebab lain rendahnya partisipasi anggota adalah lokasi anggota yang cukup jauh dengan koperasi, kurang dari tiga perempat anggota tidak mengetahui unit perdagangan jasa, koperasi tidak melakukan promosi, anggota lebih tertarik kepada leasing, anggota lebih senang untuk meminjam uang, pelayanan yang diberikan kurang maksimal dan produk yang bersifat intangible. Maka dari itu diperlukannya implementasi bauran pemasaran jasa dalam upaya meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan pada KKMK Kamola. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui partisipasi anggota sebagai pelanggan, mengetahui implementasi bauran pemasaran jasa pada KKMK Kamola, dan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan KKMK Kamola dalam meningkatkan partisipasi anggota pada KKMK Kamola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan mendeskripsikan setiap faktor-faktor yang terkait melalui wawancara, observasi, pengumpulan data dengan kuisoner dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi bauran pemasaran KKMK Kamola secara keseluruhan sudah termasuk kedalam kategori cukup baik, namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yaitu seperti berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa, penetapan bunga/daftar harga, potongan harga/bunga, lalu lintas, fasilitas tempat parkir anggota, ekspansi, personal selling, mass selling, promosi penjualan, direct marketing, Service people, Costumer, dan bangunan fisik koperasi atau tata ruang koperasi. Partisipasi anggota sebagai pelanggan KKMK Kamola secara keseluruhan telah berjalan cukup baik artinya anggota belum dapat maksimal untuk memanfaatkan pelayanan yang telah diberikan oleh koperasi.Upaya-upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan partisipasi anggota adalah dengan melakukan bauran pemasaran jasa. Koperasi harus memperhatikan berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa, penetapan bunga/daftar harga, potongan harga/bunga, lalu lintas, fasilitas tempat parkir anggota, ekspansi, personal selling, mass selling, promosi penjualan, direct marketing, Service people, Costumer, dan bangunan fisik koperasi atau tata ruang koperasi, dengan mengoptimalkan beberapa aspek tersebut diharapkan anggota dapat berpartisipasi sebagai pelanggan untuk melakukan pembelanjaan dan transaksi di unit perdagangan jasa KKMK Kamola
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 23 May 2023 07:01 |
Last Modified: | 23 May 2023 07:01 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1780 |
Actions (login required)
View Item |