ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Usaha Perdagangan di Koperasi Pegawai Republik Indonesia RSUD Majalaya ”Mulia” di Kab.Bandung)

Azizah, Putri Riyanti Nur (2018) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Usaha Perdagangan di Koperasi Pegawai Republik Indonesia RSUD Majalaya ”Mulia” di Kab.Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB)

Abstract

Putri Riyanti Nur Azizah (C1140184), Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, Studi kasus padaUnit Usaha Perdagangan KPRI RSUD Majalaya “Mulia” di Kab.Bandung, dibawah bimbingan Dr.Inne Risnaningsih SE., M.Si dan Nurjamil, SH., MH. KPRI RSUD Majalaya “Mulia” merupakan Koperasi primer dengan jenis Koperasi fungsional banyak usaha yang beranggotakan para pegawai dan Pensiunan Rumah Sakit umum daerah unit desa Majalaya. Koperasi ini memiliki tiga unit usaha yaitu unit simpan pinjam, unit perdagangan dan unit rekanan&jasa. Pada umumnya berkembang atau tidaknya keberhasilan usaha koperasi dapat dilihat dari adanya dukungan dan Partisipasi anggota. Partisipasi anggota sangat diperlukan dalam semua kegiatan yang dilaksanakan oleh koperasi. Salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi anggota adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Menerapkan strategi bauran pemasaran merupakan salah satu alat untuk mencapai kegiatan pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anggota. Bauran pemasaran merupakan kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran. Adapun komponen-komponen bauran pemasaran terdiri dari : Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process (7P). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan berdasarkan pelaksanaan bauran pemasaran sebagai alat untuk mencapai kegiatan pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anggota agar dapat meningkatkan transaksi anggota pada unit perdagangan KPRI RSUD Majalaya “Mulia”. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode distribusi frekuensi dengan teknik skoring dan analisis pada diagram kartesius dengan bantuan aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan bauran pemasaran yang diterapkan oleh unit usaha perdagangan KPRI RSUD Majalaya “Mulia” belum berjalan dengan baik dikarenakan belum maksimalnya penerapan unsur-unsur bauran pemasaran serta pelaksanaan program-program pada unit perdagangan KPRI RSUD Majalaya “Mulia”. Untuk itu Koperasi perlu memperbaiki pelaksanaan bauran pemasaran pada unit perdagangan sehingga dapat meningkatkan partisipasi anggota sebagai Pelanggan pada unit perdagangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:45
Last Modified: 20 Feb 2023 02:45
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item