ANALISIS SWOT SEBAGAI LANDASAN MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA PUSDIKLAT GERKOPIN (Studi Kasus pada Unit Penginapan Pusdiklat Gerkopin-Induk KUD)

Yusup, Muhammad (2019) ANALISIS SWOT SEBAGAI LANDASAN MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA PUSDIKLAT GERKOPIN (Studi Kasus pada Unit Penginapan Pusdiklat Gerkopin-Induk KUD). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan-dikompresi 1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Bab 1-dikompresi 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Bab 2-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
Bab 3-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Bab 4-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
Bab 5-dikompresi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-dikompresi.pdf

Download (101kB)

Abstract

Muhammad Yusup, Analisis SWOT sebagai landasan menentukan stratregi pemasaran dalam upaya meningkatkan tingkat hunia kamar (studi kasus pada unit usaha penginapan pusdiklat gerkopin induk-KUD), di bawah bimbingan Ir. Nanik Risnawati, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di koperasi, dimana pada tahun 2014-2017 penginapan mengalami tren kenaikan tingkat hunian, sedangkan untuk tahun 2018 mengalami penurunan tingkat hunian. Berdasarkan data dari website Traveloka penurunan tingkat hunian rata-rata disebabkan konsumen mengeluhkan sprei dan selimut yang sudah usang, lokasi yang sulit di temukan. Selain data tersebut, juga harus disadari bahwa saat ini di Jatinangor sudah banyak penginapan yang menawarkan fasilitas dan harga yang lebih murah dibandingkan Pusdiklat Gerkopin. Maksud dan tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang saat ini digunakan oleh penginapan Pusdiklat Gerkopin, Kekuatan dan Kelemahan yang ada dalam usaha penginapan Pusdiklat Gerkopin, Peluang dan Ancaman yang dihadapi oleh usaha penginapan Pusdiklat Gerkopin, dan Strategi Pemasaran seperti apa yang sebaiknya digunakan oleh penginapan Pusdiklat Gerkopin untuk meningkatkan tingkat hunian. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus secara kuantitatif serta didukung dengan data kualitatif untuk memperkuat analisis yang dilakukan. Pengumpulan data diperoleh melalui responden, informan, dan lembaga dengan rangkaian pengumpulan data, pengolahan data, menyajikan informasi dan menginterprestasi informasi tersebut. Turut pula menyebarkan kuisioner kepada 35 orang penginap dengan Teknik sampling kemudahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang saat ini digunakan lebih menekankan kepada promosi. Kemudian untuk kekuatan yang dimiliki seperti sumber daya manusia, kenyamanan kamar, kualitas kamar, harga sesuai kualitas, harga yang ditawarkan, lingkungan memudahkan aktifitas, penataan lobby dan financial, sementara untuk kelemahanya adalah kemudahan menjangkau lokasi, informasi di website, kebijakan harga promo, proses Check-in & Check-Out dan proses pembayaran. Sementara itu peluang yang dimiliki adalah Undang-Undang, situasi sosial budaya dan perkembangan teknologi, dan Adapun ancaman yang dihadapi seperti kebijakan pemerintah, penginapan sejenis, hotel & apartemen, inflasi dan daya beli masyarakat. Dan untuk strategi yang sebaiknya digunakan adalah strategi diversifikasi, strategi diversifikasi disini berupa menambahkan fasilitas sebuah televisi di dalam kamar dan mengganti sprei dan selimut yang ada saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: SWOT, Strategi Pemasaran, Pusdiklat Gerkopin
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:40
Last Modified: 15 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item