MODEL KOMUNIKASI LAYANAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Layanan dan Promosi Unit Toko Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD)

Marlia, Fera Erly (2022) MODEL KOMUNIKASI LAYANAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Layanan dan Promosi Unit Toko Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB)

Abstract

Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD merupakan koperasi yang memiliki anggota berjumlah 687 orang yang terdiri dari organik Militer dan Organik PNS. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika berkembang dengan sangat pesat dan mendorong proses transformasi bisnis Unit Usaha Toko dari konsep konvensional menjadi virtual. Sehingga Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD menggunakan Layanan Grup WhatsApp sebagai media peningkatan partisipasi tetapi pada realiasasinya penggunaan grup WhatsApp belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran model komunikasi layanan Grup WhatsApp yang nantinya akan dikaitkan dengan partisipasi anggota di Unit Usaha Toko Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan analisis data secara deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa Model komunikasi pemanfaatan layanan Grup WhatsApp yang di gambarkan dalam bentuk kumpulan garis lengkung dalam satu lingkaran yang menghubungkan antara Source dan Receiver selama proses komunikasi dengan menggunakan konsep komunikasi interaksional yaitu komunikasi dua arah (twoway communication) dimana partisipan selama proses komunikasi saling bertukar posisi sebagai pengirim dan penerima pesan. Layanan informasi seputar unit toko sangat bermanfaat dan memberikan kemudahan untuk anggota terutama dalam keputusan berbelanja. Layanan pesan antar melalui Grup Whatsapp di unit usaha toko lebih praktis dan lebih mumudahkan anggota. Pemanfaatan layanan melalui Grup Whatsapp pada Unit Usaha Toko berpotensi dalam meningkatkan patisipasi anggota baik dalam mengemukakan pendapatnya, kritik dan saran ataupun berpartisipasi dalam transaksi belanja online melalui Grup Whatsapp unit usaha toko Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD. Upaya yang dilakukan Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD mengoptimalkan aplikasi Grup Whatsapp sebagai media peningkatkan partisipasi anggota yaitu memberikan informasi ketersediaan barang dengan jelas dan menarik, memberikan respon yang cepat tanggap, menjaga ketersediaan barang dan kelengkapan barang, mengadakan pendidikan perkoperasian untuk anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi, Layanan Grup WhatsApp, Partisipasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KOMUNIKASI BISNIS & PENYULUHAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:14
Last Modified: 16 Mar 2023 03:14
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item