ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM NAJA JAYA SNACK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Naja Jaya Snack, Kec. Welahan, Kab.Jepara, Prov. Jawa Tengah)

Pratama, Aditya Naja (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM NAJA JAYA SNACK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Naja Jaya Snack, Kec. Welahan, Kab.Jepara, Prov. Jawa Tengah). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 COVER-DAFTAR ISI - Aditya Naja Pratama.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 BAB 1 - Aditya Naja Pratama.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 BAB 2 - Aditya Naja Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 BAB 3 - Aditya Naja Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 BAB 4 - Aditya Naja Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 BAB 5 - Aditya Naja Pratama.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Aditya Naja P. C1190321 DAPUS - Aditya Naja Pratama.pdf

Download (199kB)

Abstract

Aditya Naja Pratama. 2023, Analisis Strategi Pengembangan Produk UMKM Naja Jaya Snack Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi kasus pada UMKM Naja Jaya Snack yang beralamat di Ds Welahan Rt 04/Rw04 Kec.Welahan, Kab.Jepara Prov.Jawa Tengah 59464). Penelitian ini dibawah bimbingan oleh Shofwan Azhar Solihin UMKM Naja Jaya Snack merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner khususnya Snack dan makanan ringan. Usaha yang dijalankan berdiri pada tahun 2013 dan sudah mempunyai Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Pemilik merupakan anggota dari Kopinkra Mitra Boga Utama yang merupakan koperasi dibawah naungan PT Sriboga Flour Mill. Usaha Naja Jaya Snack dari tahun awal berdiri sampai sekarang belum pernah melakukan inovasi terhadap produknya, hal tersebut merupakan ancaman yang besar jika produk yang ditawarkan tidak berubah yang akan mengakibatkan konsumen cenderung akan bosan dan beralih ke produk yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut Naja Jaya Snack berencana untuk mengembangkan produknya dari segi kemasan dan variasi rasanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Proses dan strategi pengembangan produk yang diterapkan serta kondisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman melalui matrik IFAS dan EFAS dan matrik SWOT. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT dan Proses Pengembangan produk. Dari hasil analisis SWOT diketahui untuk Naja Jaya Snack berada pada kuadran II yaitu mendukung strategi diversifikasi yang merupakan situasi yang paling optimal bagi perusahaan. Maka strategi yang dapat dilakukan oleh Naja Jaya Snack menambahkan varian produk yang menyesuaikan selera konsumen dan keinginan pasar, meningkatkan kualitas produk dan harga di pasar untuk memenangkan persaingan, memanfaatkan modal untuk membuat produk yang baik dan bahan baku yang berkualitas, memantau kondisi perekonomian global maupun nasional untuk mengantisipasi adanya dampak yang ditimbulkan, Memaksimalkan merk yang sudah dikenal guna memenangkan persaingan di pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Produk, analisis SWOT, Volume Penjualan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:13
Last Modified: 16 Jan 2024 04:13
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item