ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Mie Ayam dan Bakso Lik No Kec. Wonosari, Kab. Gunungkidul, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta)

Cahyono, Aji (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Mie Ayam dan Bakso Lik No Kec. Wonosari, Kab. Gunungkidul, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB)

Abstract

UMKM Mie Ayam dan Bakso Lik No menekuni usaha di bidang kuliner yaitu mie ayam dan bakso. Usaha yang berdiri sejak 1991 sampai sekarang ini penjualannya selalu meningkat dan berkembang. Namun setelah ditilik pada volume penjualan dari tahun 2017 hingga 2021 diketahui persentase kenaikan penjualan yang fluktuatif. Hal ini diduga ada kaitannya dengan strategi pemasaran. Maksud dan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dengan penerapan bauran pemasaran yang berkaitan dengan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitantitaf. Data diambil menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. Hasil analisis diagram kartesius menunjukkan indikator di kuadran A adalah variasi produk yang peformanya belum sesuai dengan harapan konsumen sehingga perlu ditingkatkan. Indikator di kuadran B yaitu Kualitas produk, rasa produk sangat memuaskan, produk dalam kondisi baru, tingkat kematangan sesuai keinginan konsumen, harga lebih murah dibanding pesaing, dan lokasi strategis. Indikator di kuadran C yaitu Adanya potongan harga yang ditawarkan, promosi melalui mulut ke mulut (word of mouth), iklan media sosial, lokasi usaha terjaga kebersihannya, lahan parkir yang disediakan cukup luas dan layanan pesan antar prioritas peningkatan peformanya rendah karena dianggap kurang penting oleh konsumen dan indikator di kuadran D yaitu Penampilan produk menarik,pengemasan produk takeaway, banner yang terpasang terlihat jelas oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, bauran pemasaran, volume penjualan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:29
Last Modified: 11 Feb 2025 08:29
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item View Item