ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Toko Koperasi Serba Usaha Budi Daya Buah Batu Kota Bandung)

Firdaus, Fajar Nur (2022) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Toko Koperasi Serba Usaha Budi Daya Buah Batu Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB)

Abstract

Objek dari penelitian ini adalah Unit Toko KSU Budi Daya. partisipasi pembelian anggota pada unit usaha toko mengalami kondisi yang fluktuatif mengalami fluktuatif, menggambarkan masih rendahnya partisipasi anggota pada Unit Toko KSU Budi Daya. Hal ini terjadi diduga karena ketersediaan produk yang ditawarkan koperasi masih kurang lengkap, harga cenderung sama atau bahkan lebih tinggi dari pesaing, lokasi toko yang tidak begitu luas dan penataan barang belum maksimal (kurang Rapih), serta kurangnya promosi kepada anggota. Fakor�faktor tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan bauran eceran diduga belum dikelola dengan baik. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan, mengetahui bauran eceran yang telah dilaksanakan di Unit Toko KSU Budi Daya, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan bauran eceran, dan upaya-upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh Unit Toko KSU Budi Daya untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan melalui perbaikan bauran eceran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu metode penelitian yang bersifat deskriprif dengan maksud untuk memahami, mempelajari, dan menganalisis data. Penggunaan pendekatan secara khusus dan mendalam malalui wawancara dan pengamatan langsung, alat analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan diagram kartsius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan tingkat partisipasi anggota yang berkedudukan sebagai pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian masih tergolong kategori rendah, dan pelaksanaan bauran eceran di unit toko KSU Budi Daya dengan kategori cukup baik. Dengan melihat dari diagram cartesius yang harus di perbaiki di kuadran I, yaitu Kelengkapan Produk,Tersedianya produk sesuai permintaan dan kebutuhan, Perbandingan harga dengan pesaing, dan Potongan harga yang di tetapkan di Unit Toko KSU Budi Daya. Untuk itu, unit toko KSU Budi Daya ini perlu memperbaiki pelaksanaan unit toko pada KSU Budi Daya sehingga membentuk cara yang diinginkan dan meningkatkan tingkat partisipasi anggotanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Eceran, Partisipasi Anggota, Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:26
Last Modified: 11 Feb 2025 08:26
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item