ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MEREK TOKO 212 MART DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah 212 Garut Hijrah Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat)

Mujahid, Rijal Alfia (2024) ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MEREK TOKO 212 MART DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah 212 Garut Hijrah Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia_compressed.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia_compressed.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB V Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Rijal Alfia Mujahid C1210470 - Rijal Alfia.pdf

Download (187kB)

Abstract

RIJAL ALFIA MUJAHID, 2023. Analisis persepsi masyarakat terhadap merek Toko 212 Mart dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Studi kasus pada Koperasi Syariah 212 Garut Hijrah di bawah bimbingan Ucu Nurwati. Koperasi Syariah 212 Garut Hijrah. merupakan Koperasi Single Purpose yang menjalankan unit usaha Toko 212 Mart. Selama menjalankan usaha di bidang retail, tingkat penjualan senantiasa turun dari waktu ke waktu. Permasalahan yang dihadapi Koperasi disebabkan persepsi masyarakat terhadap merek 212 Mart negatif dan menyebabkan keputusan pembelian masyarakat di toko pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi masyarakat terhadap merek Toko 212 Mart dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian, serta menemukan upaya yang harus dilakukan Koperasi untuk memperbaiki citra merek Toko 212 Mart. Untuk memahami fenomena yang berkaitan dengan persepsi masyarakat terhadap merek Toko 212 Mart, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini tidak penting, bahkan yang digunakan pun sangat sedikit. Hanya fenomena yang diteliti yang dapat dijelaskan dengan fakta-fakta yang dikumpulkan. Lebih dari kuantitas data, investigasi memeriksa kualitas data. Keunikan kasus dipertimbangkan saat memilih responden. Wawancara, dokumentasi, dan tinjauan pustaka digunakan sebagai metode pengumpulan data. Metode penelitian Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data dari sumber primer dan sekunder melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat sebagai konsumen terhadap merek Toko 212 Mart dipengaruhi oleh variabel politik, agama, dan psikologis. Perilaku masyarakat sebagai konsumen pun mempengaruhi keputusan pembelian di Toko 212 Mart. Dampak yang ditimbulkan oleh persepsi yang berbentuk negatif adalah toko pilihan masyarakat bukan Toko 212 Mart sehingga menyebabkan tingkat penjualan toko terus menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: persepsi, konsumen, merek, dan keputusan pembelian
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:26
Last Modified: 16 Oct 2025 08:26
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item