ANALISIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN : Studi Kasus pada Koperasi Keluarga Besar IKOPIN Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

SIHOMBING, HOTNIDA MARIA (2023) ANALISIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN : Studi Kasus pada Koperasi Keluarga Besar IKOPIN Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover - Hotnida maria S.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 1 - Hotnida maria S.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 2 - Hotnida maria S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB 3 - Hotnida maria S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB 4 - Hotnida maria S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB 5 - Hotnida maria S.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Hotnida maria S.pdf

Download (131kB)

Abstract

HOTNIDA MARIA SIHOMBING, 2023. Analisis Kompetensi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan, Studi kasus pada Koperasi Keluarga Besar Ikopin Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, dibawah bimbingan Ucu Nurwati. Koperasi Universitas Keluarga Besar Ikopin adalah koperasi yang berdiri di lingkungan kampus Institut koperasi Indonesia. KKB Ikopin memiliki unit usaha di bidang perdagangan umum, simpan pinjam, dan retail. Permasalahan yang dihadapi KKB Ikopin yaitu kinerja karyawan yang masih rendah sehingga mengakibatkan tidak terealisasikannya Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi setiap tahunnya. Keterampilan dalam melayani yang lambat dalam mengatasi permasalahan atau komplain dari anggota. Rendahnya kompetensi karyawan yang mengakibatkan lambatnya penyelesaian pekerjaan dalam pengelolaan persediaan, pelayanan dan pelaporan keuangan. Keterbatasan pemahaman pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang perkoperasian yang mengakibatkan pelayanan kepada anggota kurang teliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi karyawan dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan KKB Ikopin. Serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sehingga kinerja karyawan lebih baik pada Koperasi Keluarga Besar (KKB) Ikopin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang diperoleh secara deskriptif, yaitu metode yang mengumpulkan data sesuai dengan keadaan sebenarnya, menyajikan serta menganalisis sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Dengan menggunakan variabel-variabel dapat mengambarkan komptensi dan kinerja mana saja yang harus diperhatikan dan ditingkat-kan atau dipertahankan oleh koperasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan 16 orang karyawan sebagai responden yang di bagi sesuai unit usahannya. Untuk Unit usaha Kakabe Mart dan Pengadaan ATK dan Foto Copy memiliki 3 orang karyawan, untuk Unit Usaha Kanti memiliki 5 orang karyawan dan untuk USP 1234 memiliki 8 orang karyawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi karyawan pada Unit Usaha Kakabe Mart dan Pengadaan ATK dan Foto Copy mencapai kriteria baik dengan skor 121. Pada Unit Usaha Kantin mencapai kriteria cukup baik dengan skor 174. Adapun USP 1234 mencapai kriteria cukup baik dengan skor 290. serta untuk kinerja karyawan pada Unit Usaha Kakabe Mart dan Pengadaan ATK dan Foto Copy mencapai kriteria cukup baik dengan sekor 141.Pada Unit Usaha Kantin mencapai kriteria cukup baik dengan skor 229. Adapun USP 1234 mencapai kriteria cukup baik dengan skor 349

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kinerja Karyawan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:18
Last Modified: 20 Oct 2025 03:18
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item