Destianti, Lusti (2019) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Unit Intimart Koperasi INTI Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) |
Abstract
LUSTI DESTIANTI, Analisis Bauran Eceran dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Studi kasus pada Unit Intimart Koperi Inti Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, dibawah naungan Drs. H. Iwan Mulyana, M.Si. Koperasi INTI merupakan koperasi serba usaha (multipurpose). Permasalahan yang dihadapi Koperasi INTI khususnya Unit Intimart yaitu penjualan yang terus menurun setiap tahunnya. Hal ini diduga karena barang yang tersedia tidak lengkap, perubahan lay-out toko yang mempengaruhi impulsive buying, serta harga yang semula lebih murah dibandingkan pesaing kini menjadi sama atau bahkan lebih mahal. Oleh karena itu, diperlukan Analisis terhadap Bauran Eceran yang telah dilaksanakan sebagai upaya memperbaikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran eceran, penilaian dan harapan anggota terhadap pelaksanaan bauran eceran; kinerja pemasaran; dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui unsur-unsur bauran eceran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan analisis diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur bauran eceran yang dianggap penting namun pelaksanaannya belum sesuai yaitu jumlah produk, kualitas produk, lay-out, dan menjaga kualitas produk. Unsur bauran eceran yang dianggap penting dan pelaksanaannya baik (kuadran I) yaitu penanganan keluahan, cara pembayaran, penetapan harga, dan kestrategisan toko. Unsur bauran eceran yang dianggap penting namun pelaksanaannya biasa-biasa (kuadran II) saja yaitu pelaksanaan transaksi, jenis prdouk, variasi produk, potongan harga, identitas toko, dan papan promosi, sedangkan unsur bauran eceran yang dianggap tidak penting namun pelaksanaannya sangat baik (kuadran IV) yaitu kapasitas parkir, pengiriman barang, pengetahuan produk, kesigapan melayani, dan kebersihan toko. Pertumbuhan anggota dan volume penjualan cenderung terus menurun setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena pembayaran kredit terjadi begitu banyak setiap tahunnya sehingga perputaran uang mengalami perlambatan. Berdasarkan penelitian tersebut para anggota mengharapkan bauran eceran yang diberikan lebih ditingkatkan. Dengan penerapan bauran eceran yang baik maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota yang pada akhirnya kinerja pemasaran dapat dengan mudah tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kinerja Pemasaran |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:57 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:57 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |