ANALISIS MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Primer Koperasi Tempe Tahu Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

ZALIN, GANTARI ALZENA (2024) ANALISIS MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Primer Koperasi Tempe Tahu Indonesia Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI-COVER SD DAFTAR ISI - gantari alzena zalin_compressed_compressed.pdf

Download (172kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I - gantari alzena zalin_compressed.pdf

Download (90kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II - gantari alzena zalin_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III - gantari alzena zalin_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV - gantari alzena zalin_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V - gantari alzena zalin_compressed.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - gantari alzena zalin_compressed.pdf

Download (69kB)

Abstract

Gantari Alzena Zalin, 2024, Analisi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. (Studi Kasus Pada Primer Koperasi Tempe Tahu Indonesia, Sleman). Dibawah bimbingan Deddy Supriyadi dan Franklin Kharisma Genta. Objek dari penelitian ini adalah Primkopti Sleman dalam usahanya yaitu pengadaan kedelai. Partisipasi pembelian anggota pada Primkopti Sleman mengalami kondisi yang fluktuatif, menggambarkan partisipasi anggota belum memaksimalkan pembelian kedelainya pada Primkopti Sleman. Hal ini terjadi diduga karena variasi merek kedelai yang sedikit, harga cenderung lebih tinggi dari pesaing, keterlambatan pengiriman kedelai, serta kurangnya promosi kepada anggota. Fakor-faktor tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan Marketing Mix diduga belum dikelola dengan baik. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan, mengetahui Marketing Mix yang telah dilaksanakan di Primkopti Sleman, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan bauran pemasaran, dan upaya-upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh Primkopti Sleman untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan melalui perbaikan Marketing Mix. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu metode penelitian yang bersifat deskriprif dengan maksud untuk memahami, mempelajari, dan menganalisis data. Penggunaan pendekatan secara khusus dan mendalam malalui wawancara dan pengamatan langsung, alat analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan tingkat partisipasi anggota yang berkedudukan sebagai pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian masih tergolong kategori rendah, dan pelaksanaan Marketing Mix di Primkopti Sleman dengan kategori cukup baik. Dengan melihat dari diagram cartesius yang harus di perbaiki di kuadran I, yaitu harga dibanding pesaing, kesesuaian harga dengan kualitas, pembayaran diangsur, kecepatan pengiriman, dan penangan pesanan. Untuk itu, Primkopti Sleman ini perlu memperbaiki pelaksanaan bauran pemasarannya sehingga membentuk upaya yang diinginkan dan dapat meningkatkan tingkat partisipasi anggotanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, Diagram Kartesius
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:50
Last Modified: 06 Nov 2025 08:50
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item