ANALISIS RANTAI PASOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROMOSI EKONOMI ANGGOTA (Studi Kasus Di Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Kota Bandung Pada Jenis Usaha Perdagangan Kedelai)

Setiadi, Nur Kholis (2024) ANALISIS RANTAI PASOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROMOSI EKONOMI ANGGOTA (Studi Kasus Di Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Kota Bandung Pada Jenis Usaha Perdagangan Kedelai). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Cover-daftar isi - Nur kholisS_compressed.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 1 - Nur kholisS_compressed.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB 2 - compressed - Nur kholisS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB 3 - Nur kholisS_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
BAB 4 - Nur kholisS_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB 5 - Nur kholisS_compressed.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Daftar pustaka - Nur kholisS_compressed.pdf

Download (64kB)

Abstract

Nur Kholis Setiadi, 2024. Analisis Rantai Pasok Dalam Upaya Meningkatkan Promosi Ekonomi Anggota. Studi Kasus pada Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Kota Bandung pada jenis usaha perdagangan kedelai, di bawah bimbingan H.Shofwan Azhar Solihin. Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) Kota Bandung merupakan koperasi yang anggotanya adalah para produsen tempe dan tahu. Salah satu tujuan dari KOPTI adalah untuk menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan para anggotanya untuk melakukan produksi. Penjualan kedelai selama 5 tahun terakhir tidak mencapai target yang telah ditentukan dan harga kedelai yang dijual koperasi cenderung lebih mahal dibandingkan pesaing. Hal ini dapat disebabkan rantai pasok yang tidak efesien dan oprimal sehingga berdampak kepada promosi ekonomi anggota koperasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan rantai pasok yang terjadi di KOPTI Kota Bandung, mengetahui potensi pembelian anggota terhadap kedelai, dan merancang rantai pasok yang optimal guna mendukung upaya peningkatan promosi anggota koperasi. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner, pengumpulan data menggunakan non-probability sampling, dan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah rantai pasok di KOPTI Kota Bandung terdiri dari dua skema rantai pasok. Potensi pembelian kedelai oleh anggota sangat besar jika dibandingkan dengan penjualan aktual yang tidak memenuhi target. Promosi anggota di KOPTI secara umum dianggap baik, namun ada satu indikator yang memiliki nilai cukup, yaitu harga kedelai. Hal ini menunjukkan bahwa harga yang ditawarkan oleh KOPTI Kota Bandung sama atau bahkan lebih tinggi dari pesaingnya. KOPTI Kota Bandung perlu mempertimbangkan untuk mengoptimalkan rantai pasok guna memberikan pelayanan maksimal kepada anggotanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Rantai Pasok, Promosi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:34
Last Modified: 11 Nov 2025 03:34
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2730

Actions (login required)

View Item View Item