ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN SUSU SAPI (Studi Kasus Pada Unit Susu KUD Mandiri Bayongbong – Garut)

Nurhayati, Diflah (2019) ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN SUSU SAPI (Studi Kasus Pada Unit Susu KUD Mandiri Bayongbong – Garut). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Diflah Nurhayati (C1150139). “Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Olahan Susu Sapi, studi kasus pada Unit Susu KUD Mandiri Bayongbong Garut”. Skripsi jurusan Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Institut Koperasi Indonesia, 153 Halaman. Pembimbing H. Dindin Burhanudin., M.Sc. KUD Mandiri Bayongbong perlu mengenali dan memahami diri perusahaannya untuk siap menghadapi serta memenangkan persaingan dengan kompetitor dan menjadi usaha yang lebih maju di masa depan. Penentuan strategi tersebut dapat dilakukan dengan analisis SWOT untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan koperasi, serta peluang dan ancaman yang harus dihadapi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam pemasaran produk olahan susu sapi KUD Mandiri Bayongbong, merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan KUD Mandiri Bayongbong dalam memasarkan produk olahannya serta menganalisis nilai tambah susu pasteurisasi, karamel susu, stik susu, dan kerupuk susu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, metode analisis data menggunakan analisis IFAS, EFAS, Matriks SWOT dan Nilai Tambah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KUD Mandiri Bayongbong dapat melaksanakan strategi yang dihasilkan dari analisis SWOT yaitu, 1) menambah sebaran booth untuk memperluas pasar, 2) menjaga kualitas dan mutu pelayanan, 3) melakukan inovasi rasa atau varian produk, 4)pemanfaatan teknologi secara maksimal dalam proses pemasaran, 5) mengenalkan produk, 6) memanfaatkan event yang dapat mengundang masa dalam jumlah banyak sebagai sarana dalam melakukan promosi dan meningkatkan keuntungan, 7) memberikan pelatihan dan merekrut SDM dengan sesuai bidang dan kompetensinya. 8) mengoptimalkan bahan baku yang dapat diproduksi sendiri agar dapat menekan biaya secara keseluruhan, sehingga dapat menghasilkan produk yang terjangkau, 9) menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku pendukung, 10) membuat atau menambah metode pemasaran baru yaitu dengan food truck di wilayah vital wisata Garut, dan 11) merancang atau menciptakan strategi pemasaran e-commerce seperti mobile marketing, website toko online, video marketing dsb. Hasil penelitian nilai tambah olahan susu menunjukan kerupuk susu memiliki rasio nilai tambah dan tingkat keuntungan yang lebih tinggi dibanding susu pasteurisasi, karamel susu, dan stik susu.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: SWOT, Strategi Pemasaran, Nilai Tambah
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:54
Last Modified: 05 Mar 2025 04:54
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item