FADHLILA, MULKI LUKMAN (2025) ANALISIS SWOT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Niaga Primkoppol Restabes Bandung. Jl. Merdeka No 18-20 Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Halaman Depan - Mulki Lukman F.pdf Download (506kB) |
|
|
Text
BAB 1 - Mulki Lukman F.pdf Download (330kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Mulki Lukman F.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
|
|
Text
BAB 3 - Mulki Lukman F.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
|
Text
BAB 4 - Mulki Lukman F.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text
BAB 5 - Mulki Lukman F.pdf Download (280kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Mulki Lukman F.pdf Download (297kB) |
Abstract
MULKI LUKMAN FADHLILAH. 2025. Analisis SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. Studi kasus pada Unit Niaga Primkoppol Restabes Bandung. Jl. Merdeka No 18-20 Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, di bawah bimbingan Rima Elya Dasuki. Primkoppol Restabes Bandung merupakan koperasi fungsional yang beranggotakan para polisi dan menjalankan dua unit usaha yaitu Simpan Pinjam dan Niaga. Permasalahan yang dihadapi Primkoppol Restabes Bandung yaitu kurangnya parti-sipasi anggota bertransaksi di Unit Niaga disebabkan oleh kurangnya koperasi memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan banyaknya ancaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) pada Unit Niaga di Primkoppol Restabes Bandung. Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan partisipasi anggota dengan memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang sebagai langkah melawan ancaman yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan masalah dengan teori-teori perkoperasian, manaje-men bisnis, analisis SWOT, dan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil pengolahan data yang diperoleh melalui wawanca-ra, observasi, kuisioner, dan studi pustaka dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa koperasi dalam meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan dipengaruhi oleh fak-tor internal dan eksternal, strategi yang efektif dalam kasus ini adalah memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang sebagai langkah melawan ancaman yang ada. Strategi yang dapat dilakukan oleh koperasi adalah memanfaatkan pelayanan ramah untuk membangun ikatan anggota, menghadapi persaingan, keterbatasan produk pesaing, dan perubahan preferensi anggota, mengoptimalkan pelayanan cepat sebagai keunggulan kompetitif untuk memastikan efisiensi layanan dan adaptasi terhadap persaingan serta perubahan kebutuhan anggota, memanfaatkan jaringan keanggotaan yang solid untuk mempertahankan loyalitas, menyesuaikan produk dan layanan, serta menghadapi persaingan dan perubahan pre-ferensi anggota, dan menggunakan dukungan organisasi induk sebagai fondasi untuk meningkatkan kapabilitas koperasi dalam produk, layanan, dan inovasi untuk menghadapi ancaman pasar dan perubahan preferensi anggota.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:22 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:22 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
