Nugraha, Ilham Aji (2025) ANALISIS MODERNISASI KOPERASI DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI KOPERASI DI ERA DIGITAL (Studi Kasus: Unit Minimarket Primkoppol SatBrimob Polda JaBar). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Cover_Ilham Aji Nugraha.pdf Download (785kB) |
|
|
Text
BAB I_Ilham Aji Nugraha.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
BAB II_Ilham Aji Nugraha.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
|
Text
BAB III_Ilham Aji Nugraha.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
|
Text
BAB IV_Ilham Aji Nugraha.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
|
Text
BAB V_Ilham Aji Nugraha.pdf Download (267kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Ilham Aji Nugraha.pdf Download (223kB) |
Abstract
ILHAM AJI NUGRAHA. 2025. Analisis Modernisasi Koperasi dalam Mendukung Implementasi Strategi Promosi di Era Digital. Studi Kasus Pada Unit Minimarket Primkoppol SatBrimob Polda Jawa Barat area Jatinangor Sumedang, dibawah bimbingan Evan Firdaus. Penelitian ini menekankan bahwa modernisasi, strategi promo-si, dan koperasi adalah komponen penting dalam mempertahan-kan eksistensi koperasi di era digital. Karena perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, koperasi perlu terus berinovasi untuk tetap kreatif inovatif. Koperasi Primkoppol Satbrimob Polda JaBar menjadi subjek penelitian karena upayanya untuk menerapkan digitalisasi layanan dan promosi di minimarket, terutama untuk meningkatkan efisiensi dan menarik anggota dan pelanggan. Modernisasi koperasi merupakan proses transformasi sistem koperasi menuju pengelolaan yang lebih efisien dan responsif melalui pemanfaatan teknologi informasi. Strategi promosi adalah serangkaian aktivitas komunikasi dan pemasaran yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan minat anggota terhadap produk koperasi. Sementara itu, koperasi merupakan organisa-si ekonomi yang berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong royong, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, Studi pustakaan, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan distribusi frekuensi dan jenjang kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi melalui digitalisasi dan operasional dinilai berhasil meningkatkan efisiensi masuk kategori sangat baik dengan rata-rata skor 231,9 meskipun masih terdapat kekurangan pada sisi keamanan data. Strategi promosi yang dijalankan masuk kategori sangat baik dengan rata-rata skor 222,2 penggunaan media sosial dan program loyalitas. Disarankan agar koperasi meningkatkan pelatihan digitalisasi, memperkuat keamanan digital, serta mengoptimalkan media promosi agar mampu menjangkau generasi muda dan meningkatkan loyalitas anggota.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modernisasi, Strategi Promosi, Koperasi, Digitalisasi, Efisiensi Operasional. |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 04:23 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 04:23 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
