STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA OPTIMALISASI USAHA BARANG NIAGA (Studi kasus pada Koperasi Wanita Binangkit Jawa Barat)

PUSPARINI, ARYANTI (2025) STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA OPTIMALISASI USAHA BARANG NIAGA (Studi kasus pada Koperasi Wanita Binangkit Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
COVER - aryanti puspa rini.pdf

Download (385kB)
[img] Text
COVER - aryanti puspa rini.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I ARYANTI - aryanti puspa rini.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II ARYANTI - aryanti puspa rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III ARYANTI - aryanti puspa rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV ARYANTI - aryanti puspa rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V ARYANTI - aryanti puspa rini.pdf

Download (890kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ARYANTI - aryanti puspa rini.pdf

Download (429kB)

Abstract

Aryanti pusparini. 2025. Strategi Bisnis dalam Upaya Optimalisasi Usaha Barang Niaga (Studi Kasus pada Koperasi Wanita Binangkit Jawa Barat), dibawah bimbingan dosen Eka Setiajatnika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif deskriptif dengan metode analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, kuesioner, observasi, serta dokumentasi dari laporan keuangan dan dokumen kelembagaan koperasi. Sampel diambil dari 32 anggota aktif dengan meng-gunakan rumus slovin. Analisis SWOT dilakukan untuk mengi-dentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman seba-gai dasar formulasi strategi pengembangan koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan koperasi terletak pada manajemen yang solid, kondisi keuangan yang sehat, serta dukungan sistem digitalisasi keuangan namun, kelemahan seperti minimnya promosi dan ketiadaan SDM khusus untuk unit barang niaga menghambat potensi berkembangnya usaha tersebut Peluang seperti dukungan pemerintah dan pasar yang luas belum dimanfaatkan secara maksimal, sementara ancaman dari pesaing modern dan perubahan perilaku konsumen menjadi faktor eksternal yang perlu diantisipasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pengembangan usaha konsumsi berbasis analisis SWOT, dengan merekomendasikan pembentukan divisi khusus, peningkatan promosi digital, dan penguatan peran anggota dalam aktivitas koperasi. Koperasi perlu menjalankan strategi agresif untuk mengembangkan unit usahanya agar dapat mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Stretegi Bisnis Usaha, Optimalisasi Usaha
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:03
Last Modified: 17 Dec 2025 04:06
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item