SYIFA, DIRAM NOOR (2025) PENGARUH PERCEIVED EASE OF US, PERCEIVED USEFULNESS, DAN PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA QRIS (Studi Kasus Pada KPw Bank Indonesia Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER - Dirham Noor Syifa.pdf Download (438kB) |
|
|
Text
BAB I - Dirham Noor Syifa.pdf Download (385kB) |
|
|
Text
BAB II - Dirham Noor Syifa.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
|
Text
BAB III - Dirham Noor Syifa.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
|
Text
BAB IV - Dirham Noor Syifa.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
|
Text
BAB V - Dirham Noor Syifa.pdf Download (212kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Dirham Noor Syifa.pdf Download (225kB) |
|
|
Text
KAJIAN KOPERASI - Dirham Noor Syifa.pdf Download (913kB) |
Abstract
Dirham Noor Syifa. 2025. Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Perceived Risk Terhadap Kepuasan Pengguna QRIS. Studi Kasus Pada KPw Bank Indonesia Jawa Barat, dibawah bimbingan Deddy Supriyadi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Perceived Ease of Use (kemudahan penggunaan), Perceived Usefulness (persepsi manfaat), dan Perceived Risk (persepsi risiko) terhadap kepuasan pengguna QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) Wilayah Jawa Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode survei melalui kuesioner terhadap 86 responden dari total populasi 615 anggota GenBI. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), serta regresi linier berganda dengan bantuan SPSS v.27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan secara simultan dengan nilai F hitung > F tabel dengan persamaan nilai 119,717 > 2,716 dan tingkat signifikansi atau nilai probability 0,000 < 0,05 dengan perolehan nilai Adjusted R Square (R2) yaitu sebesar 0,807 atau 80,7%, artinya sisanya sebesar 19,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial, variabel perceived ease of use (X1) memiliki pengaruh yang negatif dengan nilai β = -0,058, sementara variabel perceived usefulness (X2) dengan nilai β = 0,867 dan perceived risk (X3) sebesar β = 0,458 berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pengguna (Y). Pada kasus kepuasan pengguna QRIS dengan objek dikhususkan pada GenBI sekaligus yang mewakili generasi Z ini mencerminkan adanya konfirmasi ekspektasi dari kepuasan yang muncul ketika manfaat (usefulness) dan keamanan risiko melebihi ekspektasi awal, sekalipun kemudahan (ease of use) tidak lagi menjadi faktor penentu.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | RIS, Kepuasan Pengguna, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk. |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 04:41 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 04:41 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
